Oposisi: Malam Ini Saat-saat Terbaik Mengamati Planet Saturnus

Pekan Ini adalah Saat-saat Terbaik Mengamati Planet Saturnus
Saturnus di langit Puerto Rico, 25 Maret 2015. Kredit: Efrain Morales Rivera
Info Astronomy - Bumi berputar mengelilingi Matahari setahun sekali. Saturnus berputar mengelilingi Matahari sekali setiap 30 tahun. Ini berarti Bumi kita bakal berada di antara Saturnus dan Matahari setiap sekali dalam setahun. Pada tahun 2015, peristiwa ini --disebut oposisi Saturnus-- terjadi pada tanggal 23 Mei.

Jika Anda memiliki teleskop, tentu Anda akan merasa dimanjakan dengan fenomena ini. Karena meskipun semua dari empat planet luar memiliki cincin, tapi sistem cincin paling spektakuler di antara mereka adalah milik Saturnus.

Saat oposisi Saturnus, inilah saat-saat terbaik untuk mengamati sang planet bercincin. Saturnus akan bertengger di konstelasi Libra. Ini akan terlihat sepanjang malam, mencapai titik tertinggi di langit pada sekitar tengah malam waktu setempat daerah Anda.

Dari Indonesia, Saturnus akan terlihat mulai pukul 18:28 hingga keesokan hari pukul 05:10 waktu lokal. Saturnus akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 23:47 waktu lokal, sekitar 77° di atas horison Selatan Anda.

Jika tidak punya teleskop, apakah bisa mengamati juga? Tentu saja bisa. Namun jika Anda hanya melihat Saturnus dengan mata, Saturnus hanya akan nampak bagai bintang kuning terang saja, tidak lengkap dengan cincinnya. Ini dikarenakan jarak Bumi-Saturnus begitu jauh, kurang lebih sekitar 800.000.000 kilometer!

Pekan-pekan berikutnya setelah oposisi, Saturnus akan mencapai titik tertinggi di langit empat menit lebih lambat setiap malam, secara bertahap ia akan muncul saat dinihari, tidak lagi setelah sunset.

1. Mantap, siap ngamat!