Fase Bulan Purnama Berjuluk "Flower Moon" Bakal Muncul Malam Ini!

Bulan mencapai fase Bulan Purnama (Full Moon) hari ini, 3 Mei 2015 pukul 10:43 WIB. Namun di Indonesia, Bulan Purnama ini baru akan terlihat setelah Matahari terbenam senja nanti.
Fase Bulan Purnama Berjuluk "Flower Moon" Bakal Muncul Malam Ini!
Bulan Purnama. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Bulan mencapai fase Bulan Purnama (Full Moon) hari ini, 4 Mei 2015 pukul 10:43 WIB. Namun di Indonesia, Bulan Purnama ini baru akan terlihat setelah Matahari terbenam senja nanti.

Bulan Purnama secara tradisional diberi nama oleh penduduk asli Amerika sesuai dengan musim di mana fase Purnama terjadi, dan Bulan Purnama kali ini akan menjadi Bulan Purnama kedua pada musim semi 2015, secara tradisional disebut Flower Moon.

Bulan Purnama hari ini akan muncul sepanjang malam, mulai sekitar pukul 18:00 waktu lokal hingga keesokan hari pada pukul 6:00 waktu lokal. Anda tidak butuh teleskop untuk mengamatinya, namun jika memang memiliki teleskop ada baiknya digunakan untuk mengamati Bulan lebih dekat.

Pada saat saat Bulan mencapai fase Bulan Purnama malam ini, ia akan terletak pada deklinasi -13°02' di konstelasi Libra, dan akan muncul tertinggi di belahan Bumi Selatan. Bulan akan terlihat dari semua wilayah yang berada di lintang utara dari 66° U. Jarak Bulan dari Bumi akan mencapai 394.000 km.

Saturnus di Dekat Bulan Purnama

Letak Saturnus di dekat Bulan Purnama malam ini, 4 Mei 2015. Kredit: Stellarium
Planet Saturnus akan berada di dekat Bulan Purnama malam ini, planet bercincin ini hanya akan nampak bagai bintang kuning terang tak berkelap-kelip apabila diamati tanpa teleskop alias dengan mata telanjang saja.

Planet Saturnus bakal mencapai titik tertinggi di langit Bumi pada Mei ini karena sang planet cincin mencapai oposisi pada 23 Mei 2015 mendatang. Pada saat oposisi, kedudukan Planet Saturnus di langit Bumi berada di 'seberang' Matahari. Karena hal tersebut, Saturnus akan terbit di Timur tepat saat Matahari terbenam di Barat.