Dua Gerhana Bintang akan Terjadi Minggu (24/5) Malam

Dua Gerhana Bintang akan Terjadi Minggu (24/5) Malam
Okultasi Jupiter. Kredit: Fred Quimby Azheim
Info Astronomy - Peristiwa astronomi spesial kembali akan terjadi di Indonesia di bulan Mei ini. Peristiwa ini spesial sebab tidak biasa alias langka. Penasaran? Simak.

Informasi yang penulis terima dari Dr. David Dunham, founder International Occultation Timing (IOTA) serta software Occult Watcher menyatakan bahwa akhir Mei ini akan terjadi dua peristiwa tertutupnya sebuah bintang oleh asteroid atau bisa diistilahkan "gerhana bintang" dimana kedua peristiwa tersebut ternyata dapat disaksikan dengan mata telanjang.

Posisi saat okultasi Regulus oleh asteroid Dagmar. Kredit: Mutoha Arkanuddin
Peristiwa yang juga sering disebut sebagai okultasi ini yang pertama adalah terjadinya okultasi bintang Regulus, bintang paling terang di Rasi Leo yang akan tertutup oleh asteroid (1669) Dagmar yang berukuran 43 km.

Peristiwa ini bakal terjadi pada tanggal 24 Mei 2015 jam 23.50 WIB yang diprediksi akan terlihat di sekitar Sumatera Selatan dan pantai barat Bengkulu dengan posisi obyek berada beberapa derajat di atas ufuk sebelum terbenam dengan lama ketertutupan atau durasi sentral sekitar 2,4 detik.

Jadi, tidak seluruh Indonesia mampu melihatnya. Wilayah yang tidak disebutkan di atas hanya akan melihat Regulus yang dekat dengan Dagmar.

Okultasi Delta Sagittari oleh asteroid Julietta. Kredit: Mutoha Arkanuddin
Peristiwa okultasi kedua akan terjadi hanya dua malam kemudian dalam kondisi yang jauh lebih baik, yaitu ketika asteroid berukuran 42 km yang bernama (1285) Julietta akan menutup bintang Delta Sagittarii atau yang dikenal dengan nama Kaus Meridianalis di Rasi Sagitarius.

Peristiwa "gerhana Bintang" kedua ini akan terjadi pada tanggal 26 malam atau 27 Mei 2015 dinihari pukul 02:18 WIB dengan jalur ketertampakan di sekitar Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Jalur okultasi juga melewati selatan Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat pada 2 sampai 4 menit sebelumnya.

Pada saat peristiwa okultasi terjadi, posisi bintang cukup tinggi sekitar 65 derajat di atas ufuk langit Selatan atau sedikit di Utara ekor Rasi Scorpius (Kalajengking) dengan durasi sentral diperkirakan 6 detik.

Saat okultasi terjadi kita akan melihat selama beberapa detik seolah cahaya bintang tersebut hilang lenyap begitu saja dan beberapa saat kemudian akan muncul kembali.

Bagi astronom peristiwa okultasi bintang oleh asteroid tentu sangat penting artinya karena dengan rangkaian observasi yang simultan di beberapa lokasi secara bersamaan akan didapatkan informasi yang lebih tepat mengenai ukuran, komposisi, orbit, perioda maupun rotasinya.

Seluruh artikel dan foto (kecuali foto Okultasi Jupiter) sepenuhnya hak cipta Mutoha Arkanuddin, telah disunting seperlunya oleh Editor Info Astronomy