Cristoforetti Menjadi Astronot Pertama yang Minum Kopi di Luar Angkasa

Astronot Samantha sedang minum kopi sambil menikmati keindahan Bumi dari luar angkasa. Kredit: Samantha, 2015
Info Astronomy - Samantha Cristoforetti meracik kopi espresso pertama di luar angkasa pada hari Minggu (3/5), dan dia melakukan itu atas nama ilmu pengetahuan. Cristoforetti adalah seorang astronot Italia ketujuh dan wanita Italia pertama yang meluncur ke luar angkasa.

Dia telah berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak November 2014 silam, dan pada Minggu kemarin dia melakukan sesuatu yang pada dasarnya orang Italia lakukan: minum kopi. "Segelas espresso segar di gravitasi nol!" tulis Cristoforeti di media sosial Twitter.

Roberto Battiston, presiden ASI (Agenzia Spazia Italian), sebuah badan antariksa Italia, menulis dalam sebuah pernyataan. "Kami tidak tahu persis bagaimana cairan kopi panas di bawah tekanan tinggi di luar angkasa dapat bereaksi."

ISSpresso, alat pembuat kopi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kredit: Lavazza
Cristoforetti meracik kopi pertama di luar angkasa menggunakan mesin pembuat kopi yang bernama ISSpresso, yang dirancang untuk penelitian sains oleh Argotec, sebuah perusahaan rekayasa dan perangkat lunak yang berbasis di Turin, Italia.

Mesin ISSpresso membuat minuman panas lain juga, termasuk teh dan consommé. "Hal ini penting dari aspek gizi, tetapi juga memberikan astronot dorongan psikologis," kata David Avino, direktur Argotec, mengatakan dalam sebuah wawancara kepada New York Times.
Cristoforetti Menjadi Astronot Pertama yang Minum Kopi di Luar Angkasa Cristoforetti Menjadi Astronot Pertama yang Minum Kopi di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/06/2015 09:03:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.