Cahaya Galaksi ini 300 Miliar kali Lebih Terang dari Matahari!

Ilustrasi galaksi paling terang di alam semesta saat ini. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah galaksi terpencil di alam semesta bersinar dengan cahaya lebih dari 300 miliar kali lebih terang dari matahari telah ditemukan menggunakan data dari Wide-NASA Infrared Survey Explorer (WISE). Galaksi ini adalah galaksi paling terang yang ditemukan sampai saat ini.

"Kami melihat fase yang sangat intens dari evolusi galaksi," kata Chao-Wei Tsai dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California, sang penulis laporan di edisi 22 Mei dari The Astrophysical Journal. "Cahaya menyilaukan ini mungkin dari percepatan pertumbuhan utama lubang hitam galaksi."

Galaksi super terang, yang dikenal sebagai WISE J224607.57-052635.0, mungkin memiliki lubang hitam raksasa didalamnya. Lubang hitam besar ini umumnya berada di inti galaksi. Lubang hitam tersebut memiliki massa miliaran kali massa matahari kita ketika alam semesta kita hanya sepersepuluh dari usia saat ini (13,8 miliar tahun).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memecahkan teka-teki dari galaksi yang menyilaukan
ini. Tim astronom NASA JPL memiliki rencana untuk lebih menentukan massa lubang hitam di pusat galaksi ini.

WISE telah menemukan lebih dari jutaan galaksi eksentrik dalam gambar inframerah dari seluruh alam semesta sejak tahun 2010. Dengan sensitivitas lebih dari Kepler, WISE mampu menangkap spesimen kosmik langka yang mungkin telah tidak ada di alam semesta.

JPL mengelola dan mengoperasikan WISE untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington. Wahana luar angkasa itu dimasukkan ke dalam mode hibernasi pada tahun 2011. Pada bulan September tahun 2013, WISE diaktifkan kembali, berganti nama NEOWISE dan ditugaskan misi baru untuk membantu upaya NASA mengidentifikasi objek dekat Bumi yang berpotensi berbahaya.