Jepang Siap Meluncur ke Bulan!

Jepang Siap Meluncur ke Bulan!
Bulan, satu-satunya satelit alami milik Planet Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Jepang berencana untuk menjadi bangsa keempat di dunia (setelah AS, Rusia dan Tiongkok) yang mendarat di permukaan Bulan. Mereka akan meluncurkan probe robot pada tahun 2018-2019. Misi ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah pos untuk meluncur ke Mars.

Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) juga ikut bertanggung jawab atas misi BepiColombo ke Planet Merkurius yang dijadwalkan untuk dimulai pada 2017.

Probe robot yang akan dikirim JAXA bernama SLIM (Smart Lander fot Investigatin Moon) yang akan diluncurkan menumpangi roket Epsilon.

Anggaran belum diperhitungkan sejauh ini, dan detail substansial tidak diharapkan selama beberapa bulan. Diperkirakan anggaran misi ini mencapai 8 hingga 12 miliar dollar AS.

Sudah empat puluh dua tahun sejak manusia pertama mendarat dan berjalan di permukaan Bulan, namun tahun lalu Tiongkok sempat mengirim robot penjelajah ke Bulan.

Jepang, dengan misi ambisiusnya, bakal bersiap memasuki space race untuk mendarat di Bulan dan dilanjutkan meluncur ke Planet Mars.
Jepang Siap Meluncur ke Bulan! Jepang Siap Meluncur ke Bulan! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/26/2015 09:07:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.