HARI INI 1972: Misi Berawak ke-10 pada Apollo 16 Berhasil Mendarat di Bulan

HARI INI 1972: Misi Berawak ke-10 pada Apollo 16 Berhasil Mendarat di Bulan
Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Pendaratan manusia di Bulan hanya Neil Armstrong dan kawan-kawan? Tidak demikian. Apollo 16 adalah sebuah misi berawak kesepuluh dalam program Apollo dan yang kelima yang mendarat di Bulan.

Misi ini diluncurkan pada 16 April 1972 dari Pusat Antariksa Kennedy menggunakan roket Saturn V SA-511 dan mendarat di Bulan pada 21 April 1972.

Apollo 16 adalah misi kelas-J dan mengangkut sebuah wahana Lunar Rover. Sejumlah 94,7 kg sampel Bulan berhasil dibawa kembali ke Bumi.

Tiga EVA (extra-vehicular activity; kegiatan yang dilakukan di angkasa dan di luar wahana) dilaksanakan, di antaranya untuk merekam video dari luar pesawat serta melakukan uji coba terhadap kelangsungan hidup mikrobial.

Subsatelit-subsatelit Apollo 16 diluncurkan pada 24 April 1972 saat masih di orbit bulan dan menjalankan berbagai uji coba terhadap medan magnet dan partikel-partikel surya. Dalam perjalanan menuju Bulan, Apollo 16 mengambil beberapa foto Bumi.

Foto Bumi dalam perjalanan Apollo 16 menuju Bulan. Kredit: NASA
Sebuah kegagalan pada sistem pendorong utama CSM (Command/Service Module; modul perintah/pelayanan) Casper hampir menyebabkan pendaratan di Bulan dibatalkan, namun kemudian diputuskan bahwa hal ini tidak mengandung risiko yang tinggi dan Young dan Duke diizinkan untuk menjejakkan kaki di Bulan, meskipun misi ini harus dikurangi satu hari dari jadwal.

Selama tiga hari Young dan Duke menjelajahi kawasan dataran tinggi Descartes, sementara Mattingly mengeliling di atas di Casper.

Para astronot menemukan bahwa kawasan tersebut – yang dikira sebagai kawasan gunung berapi – ternyata merupakan kawasan yang dipenuhi bebatuan yang terbentuk akibat benturan (breccia).

Termasuk dalam spesimen-spesimen yang mereka bawa pulang adalah sebongkah batu seberat 11,7 kg yang merupakan batu terbesar yang pernah dibawa kembali ke Bumi oleh para astronot Apollo.

Para antariksawan Apollo 16 juga melakukan pengujian performa menggunakan mobil Bulan (Lunar Roving Vehicle/LRV) dan sempat mencapai kecepatan tertinggi pada 8 kilometer per jam, yang hingga kini masih tercatat sebagai kecepatan terbaik yang pernah dicapai di Bulan oleh sebuah wahana beroda.

Astronot Duke mengendarai LRV di Bulan pada misi Apollo 16. Kredit: NASA

Awak


  1. John W. Young (4), commander (komandan)
  2. Thomas K. (Ken) Mattingly Jr. (1), command module pilot (pilot modul perintah)
  3. Charles Duke Jr. (1), lunar module pilot (pilot modul bulan)

*Angka dalam tanda kurung menunjukkan jumlah penerbangan antariksa tokoh tersebut sebelum dan termasuk misi ini.

Awak cadangan


  1. Fred Haise, commander (terbang dalam Apollo 13 dan pesawat ulang-alik Enterprise)
  2. Stuart Roosa, command module pilot (terbang dalam Apollo 14)
  3. Edgar Mitchell, lunar module pilot (terbang dalam Apollo 14)


Awak pendukung


  1. Philip Chapman (belum pernah mengikuti penerbangan antariksa)
  2. Anthony England (terbang dalam STS-51-F)
  3. Henry Hartsfield (terbang dalam STS-4, STS-41-D, dan STS-61-A)
  4. Robert Overmyer (terbang dalam STS-5 dan STS-51-B)
HARI INI 1972: Misi Berawak ke-10 pada Apollo 16 Berhasil Mendarat di Bulan HARI INI 1972: Misi Berawak ke-10 pada Apollo 16 Berhasil Mendarat di Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/19/2015 05:57:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.