8 April 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Saturnus

8 April 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Saturnus
Ilustrasi letak Bulan dengan Planet Saturnus. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Setelah Gerhana Bulan Total 4 April 2015, salah satu peristiwa astronomis bakal terjadi kembali. Kali ini, Bulan dan Planet Saturnus akan berkonjungsi, mereka akan berdampingan sejauh 2°08' di langit satu sama lain.

Dari Indonesia, konjungsi Bulan dengan Saturnus ini dapat diamati beberapa jam sebelum tengah malam pada 8 April 2015. Mereka mulai terlihat sekitar pukul 22:00 waktu lokal daerah Anda, ketika mereka sudah berada lebih tinggi dari 10° dari horison Timur.

Mereka kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 03:00 waktu lokal, berada di 77° di atas horison Selatan. Dan pada akhirnya, mereka akan terbenam di langit Barat sekitar pukul 05:42 waktu lokal.

Pada saat konjungsi, Bulan akan berada di magnitudo -12,4 dan Saturnus di magnitudo 0,9. Keduanya bakal berada di rasi bintang Scorpius saat berkencan nanti.

Konjungsi Bulan dengan Saturnus ini tentu saja dapat diamati dengan mata telanjang. Selama langit cerah, kita hanya akan melihat kenampaka Saturnus bagai bintang kuning paling terang tanpa cincin yang berada di sebelah Bulan Cembung.

Lain halnya ketika Anda melihat Saturnus lewat teleskop, Anda akan melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya.

Tidak akan ada dampak negatif apa lagi awal dari terjadinya sebuah bencana karena peristiwa konjungsi Bulan-Saturnus ini. Bumi akan aman-aman saja.
8 April 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Saturnus 8 April 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Saturnus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 4/08/2015 11:16:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.