NASA Rancang Pesawat Antariksa IXS Enterprise dengan Warp Drive

NASA Rancang Pesawat Antariksa IXS Enterprise dengan Warp Drive
IXS Enterprise. Kredit: NASA
Info Astronomy - “Persiapan untuk meluncur, mesin dinyalakan, tentukan koordinat tata surya tujuan, dan bersiap untuk memasuki Warp di ruang antar bintang”.

Adegan sekilas pada film Star Trek di atas pasti akan sangat diingat oleh para penggemar sains-fiksi. Dan pasti akan muncul pertanyaan, mungkinkah suatu saat kita akan menjelajah seperti itu di antariksa, suatu saat nanti? Jawabannya: Ya, tetapi saat ini semua masih berwujud dalam sebuah teori diatas kertas.

Miguel Alcubierre, salah satu fisikawan tekemuka dunia mencetuskan teori “Warp Drive” pada tahun 1994. Jenis baru teknologi ini memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan sepuluh kali lebih cepat dari kecepatan cahaya tanpa benar benar melanggar kecepatan cahaya.

Telintas ini seperti ‘ide gila’. Tapi pada tahun 2010, NASA dengan fisikawannya Prof. Harold White mengungkapkan bahwa ia dan timnya benar-benar menyambut ide itu, dan sedang mengerjakan proyek pesawat antar-bintang yang dinamakan IXS Enterprise.

Dr. White dan timnya menemukan sebuah ‘celah pada teori matematis’ dimana pada teori ini mereka mampu menciptakan dasar dasar matematika untuk menciptakan sebuah pesawat penjelajah antar bintang, mirip pada sains-fiksi.

Permasalahan selama ini adalah bahwa menciptakan pesawat antariksa dengan kecepatan tersebut adalah kemungkinan hancur, akibat efek destruktif saat pesawat memampatkan ‘ruang’ didepannya untuk dapat melompat ke galaksi lain.

Perjalanan antar bintang

Berkat persamaan Dr. White yang berdasar dari teori Alcubierre, peneliti NASA mampu mendesain pesawat antariksa yang diberi nama IXS Enterprise tersebut, yang mampu bertahan di tingkat laju super tanpa mengalami dampak negatif apapun.

Pesawat ini juga akan dilengkapi dengan teknik pemuatan bahan bakar, yang telah melalui modifikasi dari teori Dr. White dan timnya.

Jika sebelumnya diperkirakan dibutuhkan bahan bakar sebesar Planet Jupiter untuk mampu mencapai Warp Drive, maka kini hanya dibutuhkan bahan bakar sekitar setengah ton, untuk menghasilkan energi untuk memperoleh kecepatan ‘serupa’ dengan sepuluh kali kecepatan cahaya.

Dengan teknik dan teori ini, NASA menyatakan bahwa jika kelak sebuah mesin baru yang akan terpasang pada IXS Enterprise ini, mampu membawa manusia pergi menjelajah ke bintang lain seperti Alpha Centauri, bintang tetangga matahari kita yang berjarak 4,3 tahun cahaya atau 40 triliun kilometer, dalam jangka waktu hanya dua minggu saja (yang seharusnya butuh waktu 4,3 tahun dengan kecepatan cahaya).

Terinspirasi Star Trek

Melihat penamaan pesawat ini yaitu IXS Enterprise, maka para penggemar film sains-fiksi pasti akan langsung teringat dengan USS Enterprise, pesawat antariksa rekaan pada film Star Trek. Proyek IXS Enterprise memang terinspirasi dari film tersebut.

Konsep desain pesawat ini, dirancang oleh Mark Rademaker, seorang seniman 3D yang dibantu oleh Matthew Jeffries, orang orang ini adalah yang pertama mendesain pesawat luar angkasa untuk Warp Drive yang memiliki desain mirip USS Enterprise di film Star Trek.

Perbedaan pada desain adalah pada desain depan dan ekor pesawat yang memiliki alat berteknologi pemampatan dan pelebaran ruang yang adalah mesin utama dari pesawat antar bintang ini.

NASA menegaskan bahwa pesawat ini nantinya hanya akan memampatkan ruang untuk memperpendek jarak yang harus ditempuh tanpa harus benar-benar terbang di kecepatan cahaya.

Karena memang sesuai dalam teori relativitas Einstein, bahwa tidak mungkin ada benda yang mampu lebih cepat dari cahaya.

Singkat kata, teknologi Warp Drive ini hanya membuat sebuah pesawat antariksa untuk ‘menaiki’ gaya pada ruang dan waktu seperti ombak, mirip lompatan kapal laut yang terhempas ombak besar.

Warp tidak sama dengan teori wormhole atau lubang cacing, yang membelokkan atau melipat ruang dan waktu, lalu merobeknya ditengah tengah seperti pada film sains-fiksi lain semisal Interstellar, yang mengisahkan perjalanan melewati wormhole menuju sebuah lokasi di galaksi lain di seberangnya.
NASA Rancang Pesawat Antariksa IXS Enterprise dengan Warp Drive NASA Rancang Pesawat Antariksa IXS Enterprise dengan Warp Drive Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/05/2015 08:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.