Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Cara Mengamati Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015

Titik terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total ini adalah di Kepulauan Faroes, Norwegia.
Cara Mengamati Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015
Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015. Kredit foto: NASA, Didesain oleh Info Astronomy
Info Astronomy - Akhir pekan ini, atau tepatnya tanggal 20 Maret 2015, Gerhana Matahari Total bakal terjadi. Bagian Utara dari Kepulauan Faroes di laut Norwegia menjadi lokasi pengamatan terbaik (Gerhana 100%).

Dari Indonesia, kita tidak kebagian Gerhana Matahari Total pada 20 Maret ini. Apa sebab kita tidak kebagian?

Ini disebabkan saat Gerhana Matahari Total 20 Maret mendatang terjadi, kedudukan Bulan yang menutupi Matahari saat gerhana berada di langit lintang Utara. Sebagian Indonesia saat itu juga sudah menjelang senja sehingga Matahari sudah terbenam.

Peta Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015. Kredit: Dominic Ford, In The Sky 2014
Pada peta gerhana Matahari di atas, garis merah merupakan batas wilayah yang berkesempatan menikmati gerhana Matahari. Sedangkan wilayah yang diarsir putih merupakan wilayah terbaik untuk menikmati Gerhana Matahari Total.

Gerhana matahari terjadi ketika Matahari, Bulan dan Bumi berada dalam titik sejajar atau satu garis lurus hampir sama persis, dengan Bulan di tengah, sehingga Bulan lewat di depan Matahari di tata surya kita.

Gerhana Matahari hanya akan terlihat dari wilayah-wilayah tertentu di Bumi karena Bulan begitu dekat dengan Bumi --sekitar 390 kali lebih dekat dari Matahar-- sehingga posisinya di langit berbeda hingga dua derajat (empat kali diameter) dari satu sisi Bumi yang lain.

Jadi, sementara mungkin gerhana Matahari terjadi di suatu lokasi, peristiwa gerhana tersebut tidak terlihat di belahan dunia yang lain.

Puncak Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015 adalah pukul 16:46 WIB. Bagi kita yang di Indonesia dan ingin melihatnya, peristiwa ini bakal disiarkan secara langsung oleh Slooh Observatory mulai pukul 15:30 WIB pada tautan ini.

Peringatan!
Jika Anda berada di wilayah yang bisa mengamati Gerhana Matahari Total 20 Maret 2015, jangan pernah mencoba untuk melihatnya lewat teleskop atau dengan mata telanjang, hal tersebut dapat membahayakan mata Anda dan bahkan menyebabkan kebutaan permanen.

Referensi: Espanak, F., & Meeus, J., Five Millennium Canon of Solar Eclipses: -1999 to +3000, NASA Technical Publication TP-2006-214141 (2006)
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.