Malam Ini Bulan Purnama 'Mini' Bakal Hiasi Langit

Malam Ini Bulan Purnama 'Mini' Bakal Hiasi Langit
Bulan Purnama terbit. Kredit: Xin Kholer
Info Astronomy - Bulan Purnama terkecil tahun 2015 --yang disebut micromoon atau minimoon-- bakal muncul selepas tengah malam tanggal 6 Maret 2015.

Jarak Minimoon pada Maret 2015 ini adalah sekitar 50.000 kilometer lebih jauh jauh dari Bumi dibandingkan Supermoon yang bakal terjadi pada 28 September 2015.

Bulan Purnama malam ini terlihat kecil karena berada pada titik apogee, yakni titik terjauh Bulan dalam orbitnya terhadap Bumi.

Puncak fase Bulan Purnama adalah pada tanggal 6 Maret 2015 pukul 1:05 WIB. Meskipun Bulan Purnama terjadi pada saat yang sama di seluruh dunia, zona waktu yang membuat waktu-waktunya berbeda.

Tidak peduli di mana Anda tinggal di seluruh dunia, untuk menemukan Bulan Purnama, Anda mulai dengan menemukannya di langit Timur ketika Matahari baru saja terbenam. Bulan akan bergerak semu sepanjang malam hingga terbenam di langit Barat keesokan paginya.

Perbandingan ukuran Bulan di langit Bumi ketika berada di Perigee (kiri) dan Apogee (kanan). Kredit: NASA
Minimoon atau Bulan Purnama di apogee, adalah kebalikan dari Supermoon, Bulan Purnama yang bertepatan dengan perigee.

Bulan Purnama Minimoon pada Maret 2015 akan berjarak sekitar 406.000 kilometer dari Bumi.

Fakta Menarik
Bulan Purnama pada Maret 2015 berdiameter sudut hanya 29,39 menit busur atau terkecil dan teredup selama tahun 2015. Bulan Purnama yang lebih kecil dan lebih redup dari ini baru akan terjadi lagi pada 27 Januari 2032.
Malam Ini Bulan Purnama 'Mini' Bakal Hiasi Langit Malam Ini Bulan Purnama 'Mini' Bakal Hiasi Langit Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/05/2015 12:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.