HARI INI 1781: Planet Uranus Ditemukan

Sang Planet Ketujuh ini ditemukan secara kebetulan atau tidak sengaja!
HARI INI 1781: Planet Uranus Ditemukan
Planet ketujuh, Uranus. Kredit: NASA
Info Astronomy - 13 Maret 1781, planet ketujuh di tata surya kita, Uranus ditemukan secara kebetulan. Ialah astronom asal Inggris William Herschel yang sedang melakukan survei terhadap semua bintang bermagnitudo 8, dengan kata lain, bintang yang terlalu redup untuk dilihat dengan mata.

Saat itulah Herschel melihat sebuah benda yang bergerak di depan latar belakang bintang dari waktu ke waktu, yang juga jelas menunjukkan benda tersebut terlihat lebih dekat kepada pengamat (Herschel) daripada bintang latar belakangnya.

Pada awalnya ia berpikir bahwa ia telah menemukan sebuah komet, namun kemudian menyadari obyek ini adalah sebuah planet baru yang mengorbit matahari kita. Kemudian para astronom dunia mulai mengamati dan mempelajari Uranus sejak tahun 1690.

Pada awalanya Planet Uranus ingin dinamai Georgium Sidus oleh William Herschel, tetapi ternyata para astronom yang berada di luar Britania Raya tidak senang dengan gagasan nama itu.

Astronom Johann Bode Elert ikut memberi saran nama yaki "Uranus". Nama tersebut merupakan nama salah satu dewa paling awal dalam mitologi Yunani - kadang-kadang disebut Ayah Langit (Father Sky) dan dianggap sebagai anak dan suami dari Gaia, nama lain dari Bumi kita.

Dalam sejarah umat manusia, titik terdekat benda buatan manusia dengan Planet Uranus adalah ketika wahana antariksa Voyager 2 memintasi planet ini. Voyager 2 hanya berjarak 81.500 kilometer dari atmosfer Uranus pada tanggal 24 Januari 1986 silam.