Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Boom! Bintang Meledak di Rasi Sagittarius

Ledakan bintang ini merupakan yang kedua di Sagittarius dan dapat diamati dengan mata telanjang.
Boom! Bintang Meledak di Rasi Sagittarius
Ledakan bintang dalam sinar-X. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada Selasa, 15 Maret 2015, pengamat langit John Seach dari Pulau Chatsworth, New South Wales, Australia, menemukan sebuah bintang meledak (nova) lewat DSLR pribadinya.

Sebuah spektrum yang diambil tadi malam (16/3) menegaskan bahwa temuan Seach adalah nova yang cukup terang (mag. +5).

Nova ini telah teridentifikasi sebagai bintang kerdil putih yang mengalami ledakan fusi hidrogen, jenis ledakan yang kaya akan zat besi. Spektrum menunjukkan garis emisi dari puing-puing bintang bergerak menyebar sekitar 2.800 km per detik.

Ledakan bintang ini disebut Nova Sagittarii 2015 nomor 2, setelah sebelumnya ada supernova PNV J18365700-2855420.

Letak Nova Sagittarii 2015. Kredit: Stellarium
Nova Sagittarii 2015 tidak terlalu sulit untuk dilihat dengan mata telanjang di suasana langit gelap, namun teleskop pasti akan memudahkan pengamatan Anda. Letak Nova Sagittari 2015 persis seperti pada peta bintang di atas.

Jika ingin menemukan dan observasi Nova Sagittarii 2015, cari lokasi dengan pandangan yang jelas ke arah Tenggara (rasi bintang Sagittarius) dan usahakan mulai mengamati sekitar 100 menit sebelum Matahari terbit.

Gunakan peta langit, cari Sagitarius yang berada di sebelah timur (kiri) dari rasi bintang Scorpius. Setelah Anda temukan, arahkan pandangan atau teleskop Anda ke tengah Sagittarius. Nova akan terlihat bagai bintang kecil yang terang.

Citra sebelum dan sesudah ledakan bintang Nova Sagittarii 2015. Kredit: NASA
Selamat berburu Nova!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.