Aurora Terdeteksi Muncul di Planet Mars!

Aurora ini terdeteksi melalui IUVS, salah satu instrumen wahana antariksa MAVEN selama lima hari!
Aurora Terdeteksi Muncul di Planet Mars!
Ilustrasi aurora yang muncul di Planet Mars saat terdeteksi wahana antariksa MAVEN milik NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Hanya sehari setelah penduduk Bumi di lintang tinggi disuguhi aurora yang menakjubkan pada malam 17 Maret 2015 akibat dari badai geomagnetik yang kuat, para peneliti NASA mengumumkan temuan munculnya aurora di Planet Mars melalui misi dari MAVEN.

Aurora ini terdeteksi melalui Imaging Ultraviolet Spectrograph (IUVS), salah satu instrumen wahana antariksa MAVEN selama lima hari pada 25-30 Desember 2014.

Aurora ultraviolet ini telah dijuluki "Lampu Natal." Aurora ini teramati di lintang utara dari Planet Mars dan merupakan hasil interaksi medan magnet Mars dengan angin Matahari kala itu.

Peta aurora di Mars dalam sinar UV. Kredit: NASA
Sementara aurora di Bumi biasanya terjadi pada ketinggian 80 sampai 300 kilometer dan kadang-kadang bahkan lebih tinggi, di Mars aurora terjadi pada ketinggian yang jauh lebih rendah, hal ini justru menunjukkan tingkat energi elektron yang lebih tinggi.

Tanpa oksigen dan nitrogen yang melimpah di atmosfer tipis Mars saat ini, jika Anda berada di Mars, Anda mungkin akan melihat aurora Mars memancar dengan cahaya biru redup, atau bahkan tak terlihat sama sekali.

Ini bukan pertama kalinya aurora terlihat di Mars; observasi melalui wahana antariksa Mars Express milik Lembaga Antariksa Eropa (ESA) pada tahun 2004 merupakan observasi aurora Mars untuk pertama kalinya.