Wajib Lihat! Inilah Daftar Peristiwa Astronomis Februari 2015

Wajib Lihat! Inilah Daftar Peristiwa Astronomis Februari 2015
Foto: Dok. Info Astronomy, J.N. Hall.
Info Astronomy - Selamat datang Februari 2015! Pada bulan ini, musim dingin akan memuncak di belahan Bumi Utara, dan musim panas memuncak di belahan Bumi Selatan. Indonesia yang di ekuator akan memuncak musim hujannya.

Ada beberapa peristiwa astronomis menarik yang bakal terjadi di langit malam sepanjang Februari 2015. Apa saja? Mari simak tulisan ini.

4 Februari: Bulan Purnama
Mungkin ada yang bertanya, "Lho, kok Bulan Purnama terjadi di awal bulan kalender? Bukannya tiap tanggal 15?" Memang tiap tanggal 15, tetapi bukan tanggal 15 di kalender masehi, melainkan di kalender hijriyah.

Pada 4 Februari 2015, atau 15 Rabbiul Akhir 1436 H, Bulan akan mencapai fase Purnama pada jarak 404.000 kilometer jauhnya dari Bumi. Dengan begitu, Bulan Purnama akan nampak kecil.

Bulan Purnama pada Februari 2015 ini disebut Wolf Moon oleh orang-orang asli Amerika. Hal tersebut disebabkan karena Bulan Purnama ini merupakan Bulan Purnama kedua di musim dingin.

6 Februari: Bulan di Apogee
Bulan akan mencapai titik terjauhnya dari Bumi dalam orbit ellipsnya atau dalam astronomi disebut Apogee. Jarak Bumi-Bulan saat itu adalah 406.155 kilometer. Jika Anda bisa mengendarai mobil ke Bulan saat itu, Anda akan menempuh waktu selama 12 jam.

6 Februari: Oposisi Jupiter
Matahari-Bumi-Jupiter akan berada satu garis lurus di tata surya pada 6 Februari 2015. Hal tersebut tidak akan mengakibatkan gravitasi Bumi terganggu atau munculnya dampak negatif lain.

Yang terjadi adalah, Planet Jupiter akan jauh lebih mudah diamati karena berada di jarak yang relatif dekat dengan Bumi.

Saat terbaik untuk mengamati Jupiter adalah menjelang tengah malam, saat planet terbesar di tata surya kita ini berada di zenith di rasi bintang Cancer. Jupiter hanya akan nampak bagai bintang terang tak berkelap-kelip jika Anda mengamatinya tanpa teleskop.

19 Februari: Bulan di Perigee
Setelah di Apogee, Bulan akan mencapai titik terdekatnya dari Bumi dalam orbit ellipsnya atau dalam astronomi disebut Perigee. Jarak Bumi-Bulan saat itu adalah 356.992 kilometer.

Konjungsi Venus dan Mars. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
17-28 Februari: Konjungsi Venus dan Mars
Planet Venus dan Planet Mars akan berdekatan selama 10 hari berturut-turut. Mereka akan terlihat seperti pada gambar yang bergerak di atas.

Puncaknya adalah pada tanggal 22 Februari 2015, Venus dan Mars akan terlihat menarik di langit Barat saat senja. Venus akan nampak bagai bintang paling terang berwarna kuning, sedangkan Mars nampak bagai bintang kecil berwarna merah.

Tidak akan ada dampak negatif dari peristiwa konjungsi ini.

Selamat mengamati!
Wajib Lihat! Inilah Daftar Peristiwa Astronomis Februari 2015 Wajib Lihat! Inilah Daftar Peristiwa Astronomis Februari 2015 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/01/2015 10:45:00 AM Rating: 5

2 komentar

  1. Itu GIF konjungsi Mars Dan Venus , Pake Aplikasi ya ? Kalo Iya , Aplikasinya namanya apa ? Makasih

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.