Venus Tak Layak Huni!

Venus Tak Layak Huni!
Planet Venus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Kering, permukaan merah serta suhu yang mampu melelehkan timah, Venus lebih mirip neraka di tata surya kita bagi manusia Bumi.

Venus sering dianggap sebagai saudara kembar Bumi karena ukuran dan komposisi dari dua planet yang mirip. Namun ditegaskan, hanya ukuran dan komposisi penyusunnya saja yang mirip, selebihnya tidak sama sekali.

Berjalan-jalan di permukaan Planet Venus tidak akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi manusia Bumi. Permukaan Venus benar-benar kering karena planet ini terkena efek gas rumah kaca berlebihan.

Efek rumah kaca yang berlebihan artinya, suasana tebal atmosfer Venus membuat karbon dioksida terperangkap sehingga membuat suhu permukaan Planet Venus menjadi sekitar 465 derajat Celsius!

Gravitasi Venus hampir 91 persen lebih rendah dari gravitasi Bumi, sehingga Anda bisa melompat sedikit lebih tinggi dan objek akan merasa sedikit lebih ringan di Venus, dibandingkan dengan di Bumi.

Pada permukaan laut di Bumi, tekanan udara pada tubuh kita 14,5 pon per inci persegi, atau 1 bar, sedangkan tekanan permukaan Venus adalah 92 bar. Bayangkan betapa sulitnya bergerak di sana.

Venus juga membutuhkan 225 hari Bumi untuk berputar mengelilingi Matahari dan 243 hari Bumi untuk berputar pada porosnya. Itu artinya, satu tahun di Venus lebih cepat daripada satu harinya.

Langit di Venus akan selalu terlihat oranye kemerahan karena molekul karbon dioksida menghamburkan cahaya Matahari. Anda tidak akan melihat piringan Matahari di langit siang pada permukaan Venus karena awan CO2 yang padat. Malam hari pun akan gelap gulita tanpa bintang-bintang di langit.

Banyak gunung berapi aktif di Venus yang dapat menimbulkan bahaya bagi manusia Bumi yang mengunjungi Sang Bintang Kejora ini.

Dan tidak seperti Bumi, Venus mungkin tidak memiliki gempa Bumi karena tidak memiliki aktivitas lempeng tektonik yang melepaskan panas dari interior planet.

Kalau ada teman yang mengajak Anda berlibur ke Planet Venus, jangan mau!
Venus Tak Layak Huni! Venus Tak Layak Huni! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/09/2015 03:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.