Valentine dari Antariksa: Nebula Hati

Valentine dari Antariksa: Nebula Hati
Nebula Hati. Kredit: NASA, ESA, Hubble Space Telescope
Info Astronomy - The Heart Nebula, atau Nebula Hati (bisa juga disebut IC 1805 atau Sh2-190) terletak pada jarak sekitar 7500 tahun cahaya dari Bumi lengan galaksi Bima Sakti pada rasi bintang Cassiopeia.

Ia merupakan nebula emisi gas yang bercahaya serta memiliki jalur debu yang gelap. Nebula ini terbentuk oleh plasma terionisasi hidrogen dan elektron.

Warna merah yang mendominasi pada nebula dan dan bentuk "hati" terbentuk melaui radiasi yang berasal dari sekelompok kecil bintang dekat pusat nebula tersebut.

Terdapat pula gugus bintang terbuka yang disebut Melotte 15, berisi beberapa bintang terang yang mempunyai hampir 50 kali massa Matahari.

Selamat Hari Valentine!
Valentine dari Antariksa: Nebula Hati Valentine dari Antariksa: Nebula Hati Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/14/2015 12:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.