Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Stephen Hawking: Manusia Harus Temukan dan Pindah ke Bumi Lain

Stephen Hawking: Manusia Harus Temukan dan Pindah ke Bumi Lain
Stephen Hawking. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Fisikawan terkemuka Stephen Hawking mengatakan bahwa masa depan kehidupan manusia sangat tergantung pada kemampuannya untuk mengeksplorasi luar angkasa.

Menurutnya, saat ini keadaan Bumi sudah dianggap tidak aman lagi karena banyak yang menggunakan nuklir sebagai senjata untuk berperang. Ini dianggap akan menjadi akhir peradaban, termasuk umat manusia.

"Mengirim manusia ke Bulan (mungkin) mengubah masa depan manusia dengan cara yang belum kita mengerti," kata Hawking.

Pernyataan tersebut merupakan jawaban dari sebuah pertanyaan oleh Adaeze Uyanwah yang memenangkan kompetisi blog dan video di Inggris. Ia mampu mengalahkan lebih dari 10.000 peserta internasional untuk memenangkan kompetisi dengan hadiah 'tamu kehormatan' kunjungan warga AS saat mengikuti tur London's Science Museum.

Pada saat itu, Uyanwah bertanya kepada Hawking, apa kekurangan manusia yang ingin ia ubah dan kebajikan seperti apa yang memungkinkan untuk 'menambal' kekurangan manusia.

Hawking lantas menjawab kalau kegagalan manusia yang ia ingin perbaiki adalah agresi. Pasalnya, kata dia, itu akan berdampak pada kelangsungan hidup umat manusia yang saat ini dianggapnya semakin serakah.

"Kualitas hidup yang ingin saya tingkatkan adalah empati. Ini membawa kita bersama dalam damai dan negara penuh kasih," kata pria berumur 73 tahun tersebut. Ia melanjutkan, dengan mengeksplorasi luar angkasa, maka jaminan kelangsungan hidup umat manusia akan semakin pasti.

"Penjelajahan luar angkasa mungkin bukan salah satu pemecah masalah di Bumi, tetapi itu akan memberi kita perspektif baru secara lahiriah dan batiniah. Saya percaya bahwa masa depan ras manusia harus eksplorasi ruang angkasa, itu merupakan asuransi jiwa yang sangat penting," jelas Hawking.

Manusia harus temukan dan pindah ke Bumi lain. Dan biarkan manusia-manusia lain yang ingin berperang agar tetap di Bumi.

Ditulis oleh: Sigit Prihatin, Astronesia
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

1 komentar

  1. sebelum itu manusia harus bersatu dan bisa saling memahami satu dengan lainnya agar tidak menimbulkan konflik dan peperangan baru. jika tidak bisa manusia akan menjadi seperti api yang membawa kehancuran di luar angkasa.

    nih kutipan dari anime gundam:
    "All I want is understanding between people.[…]Humans must learn to apply their intelligence correctly and evolve beyond their current. People must change, otherwise even if humanity expands into space it will only create new conflicts."-aeolia schenberg,gundam 00.
Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.