Sebesar Apa Planet Bumi Dibandingkan dengan Matahari?

Sebesar Apa Planet Bumi Dibandingkan dengan Matahari?
Perbandingan Matahari dengan Bumi. Kredit: Dokumen Info Astronomy
Info Astronomy - Untuk membuat lebih sederhana, bayangkan Matahari sebesar bola basket dan Bumi sebesar biji jeruk medan. Matahari 1,2 juta kali lebih besar dari Bumi!

Matahari memiliki diameter 1.392.000 km sedangkan diameter Bumi "hanya" 12.742 km. Dalam hal massa, Matahari 333.000 kali lebih besar massanya dari Bumi dan menyumbang 98% dari semua massa di tata surya.

Permukaan Matahari dikenal sebagai fotosfer dan memiliki suhu sekitar 10.000 derajat Fahrenheit. Pada inti Matahari, suhu bisa setinggi 27 juta derajat Fahrenheit!

Jarak 150 juta kilometer adalah jarak perkiraan dari Matahari ke Bumi. Untuk menempuh jarak dan mencapai Bumi, sinar matahari perjalanan selama 8,3 menit. Jadi, cahaya Matahari yang Anda terima saat ini adalah cahayanya 8,3 menit yang lalu.

92% komposisi dari Matahari adalah terbuat dari hidrogen sedangkan helium di pusat Matahari menyumbang 7% saja. Berbagai gas-gas lain membuat untuk sisanya.

Fakta Menarik
Setiap detik, Matahari kehilangan lebih dari 7 juta ton gas. Dan karena jarak Bumi-Matahari 8,3 menit cahaya, jika Matahari menghilang, kita baru akan sadar 8,3 menit kemudian.
Sebesar Apa Planet Bumi Dibandingkan dengan Matahari? Sebesar Apa Planet Bumi Dibandingkan dengan Matahari? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/10/2015 12:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.