Robot Penjelajah Curiosity Selfie (Lagi) di Permukaan Planet Mars

Robot Penjelajah Curiosity Selfie (Lagi) di Permukaan Planet Mars
Robot Curiosity selfie dan nama-nama titik penting di Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah situs di Planet Mars bernama "Pahrump Hills", di mana robot penjelajah Curiosity milik NASA telah bekerja selama lima bulan di sana, menjadi lokasi robot seberat satu ton ini melakukan selfie.

Bagaimana bisa Curiosity melakukan selfie di Planet Mars tanpa ada yang memotretnya? Ya namanya saja selfie, ia memotret dirinya sendiri. Foto selfie Curiosity ini hasil gabungan dari puluhan gambar yang diambil lewat kameranya yang dinamai Mars Hand Lens Imager (MAHLI).

Pahrump Hills adalah singkapan dari batuan yang membentuk lapisan basal Gunung Sharp --gunung tertinggi se-tata surya kita-- di pusat Kawah Gale pada Planet Mars.

Misi telah membuat robot Curiosity meneliti singkapan batuan. Curiosity melakukan percobaan dengan naik dan berjalan di atas singkapan batuan untuk mengetahui struktur batu dan unsur kimianya, serta untuk memilih target terbaik untuk pengeboran.

Foto selfie di atas ini diambil pada akhir Januari 2015. "Dibandingkan dengan selfie Curiosity sebelumnya, kami menambahkan penunjuk untuk selfie kali ini sehingga kita bisa melihat titik-titik penting pada Pahrump Hills," kata anggota tim Kathryn Stack di Laboratorium Jet Propulsi NASA di Pasadena, California.

Robot penjelajah Curiosity merupakan robot seukuran mobil yang berhasil mendarat di Planet Mars pada Agustus 2012 silam. Hingga saat ini, ia masih 'ditugaskan' untuk menjalani misi pencarian makhluk hidup pada masa lalu Planet Merah.

Referensi: NASA-JPL
Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram
Iklan mengganggu? Hubungi kami!
Robot Penjelajah Curiosity Selfie (Lagi) di Permukaan Planet Mars Robot Penjelajah Curiosity Selfie (Lagi) di Permukaan Planet Mars Reviewed by Riza Miftah Muharram on Februari 25, 2015 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!