Malam Ini, Ayo Amati Venus dan Mars yang Berdekatan

Letak Venus dan Mars pada 21 Februari 2015 sekitar 1 jam setelah sunset. Kredit: Stellarium Software, Info Astronomy
Info Astronomy - Belum pernah mengamati planet di langit Bumi sebelumnya? Malam ini (21/2) adalah kesempatan Anda untuk pengalaman pertama mengamati, tidak hanya satu, tapi langsung dua planet!

Yup, Planet Venus dan Planet Mars bakal saling berdekatan atau dalam astronomi disebut konjungsi. Mereka tidak akan benar-benar dekat di bidang tata surya, hanya kedudukan mereka saja di langit Bumi yang berdekatan.

Konjungsi Venus-Mars ini dapat diamati sekitar satu jam setelah Matahari terbenam pada Sabtu dan Minggu, 21-22 Februari 2015.

Tidak punya teleskop? Tenang saja, Anda tetap bisa mengamati konjungsi Venus-Mars ini. Cukup arahkan pandangan Anda ke langit Barat, konjungsi Venus-Mars akan berada di dekat Bulan Sabit tipis saat itu.

Venus akan mencapai magnitudo -3,6 sementara Mars akan mencapai magnitudo 1,2. Jika diamati tanpa teleskop, Venus akan nampak bagai bintang paliiiiiiiiing terang dan Mars berada di sebelah kanannya bagai bintang kemerahan.

Mereka bisa diamati hingga pukul 19:30 waktu setempat daerah Anda. Pastikan langit cerah dan pandangan langit Barat Anda tidak terhalang bangunan tinggi atau pegunungan saat Anda melakukan pengamatan.

Penulis: Riza Miftah Muharram

1. apa ada aplikasi stellarium utk android?
    1. Ada. Silakan unduh di Play Store. :)