10 Fakta Menakjubkan dari Lubang Hitam

10 Fakta Menakjubkan dari Lubang Hitam
Ilustrasi. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Bayangkan ada sebuah materi yang begitu padat sehingga tidak ada yang bisa melarikan diri dari materi tersebut. Bukan satelit alami, bukan planet dan bahkan tidak ringan (massanya). Itulah yang disebut black hole (lubang hitam), sebuah lokasi di mana muncul gaya gravitasi yang begitu ekstrim.

Tapi bagaimana lubang hitam terbentuk, dan mengapa mereka ada? Di bawah ini, kami akan mengulas 10 fakta tentang lubang hitam.

Fakta 1: Anda tidak bisa melihat lubang hitam secara langsung!
Karena lubang hitam memang "hitam" --bahkan tidak ada cahaya dapat melarikan diri darinya-- tidak mungkin bagi kita untuk melihat lubang langsung melalui instrumen seperti teleskop. Astronom NASA lebih sering "mengamati" lubang hitam dari pergerakan suatu bintang.

Fakta 2: Galaksi Bima Sakti kita memiliki lubang hitam
Yup, di pusat galaksi Bima Sakti kita terdapat lubang hitam yang memiliki massa 4 juta kali lebih besar daripada Matahari kita. Apakah Bumi akan dihisap? Untungnya, tidak. Jarak Bumi (dan Tata Surya) kita cukup jauh dari pusat galaksi Bima Sakti, bukan di pusat galaksi seperti yang orang awam pikirkan.

Ilustrasi 2. Kredit: Getty Images
Fakta 3: Bintang mati tak selalu menjadi lubang hitam
Tidak semua bintang di akhir masa hidupnya nanti akan menjadi lubang hitam. Matahari contohnya. Namun, semua bintang yang memiliki massa 20 kali massa Matahari berpotensi menjadi lubang hitam saat ia runtuh atau mati. Ketika bintang raksasa tersebut kehabisan bahan bakar, ia tidak mampu menahan dirinya sendiri.

Ketika tekanan dari reaksi nuklir runtuh, gravitasi akan meruntuhkan inti bintang dan melempar lapisan lain ke luar angkasa. Ini disebut supernova. Sisa inti runtuh ke dalam singularitas, yakni tempat kepadatan tak terbatas dan hampir tidak ada volume. Itu adalah nama lain untuk sebuah lubang hitam.

Fakta 4: Lubang hitam memiliki berbagai macam ukuran
Menurut studi yang dilakukan NASA, setidaknya ada berbagai macam jenis lubang hitam. Lubang hitam primordial adalah jenis terkecil, dan ada berbagai macam ukuran lain, mulai dari seukuran satu atom hingga seukuran 100 kali diameter Bumi.

Fakta 5: Berjalannya waktu akan kacau jika kita di dekat lubang hitam
Sudah nonton film Interstellar yang meraih penghargaan Oscar? Pada film tersebut ada adegan di mana terjadi dilatasi waktu.

Yup, jika Anda berada di dekat lubang hitam, waktu yang Anda rasakan lebih lambat dari waktu yang orang lain rasakan.

Misal jika Anda ke dekat lubang hitam di pusat galaksi Bima Sakti dan dengan begitu meninggalkan saudara kembar Anda pada bulan Februari 2015, saat kembali ke Bumi mungkin Anda akan melihat saudara kembar Anda sudah tua. Padahal Anda merasa Anda hanya pergi satu jam, tapi di Bumi sudah berpuluh-puluh tahun.

Fakta 6: Lubang hitam tidak pernah ditemukan sampai para astronom menggunakan sinar-X
Lubang hitam Cygnus X-1 merupakan lubang hitam yang pertama kali ditemukan selama penerbangan balon pelacak sinar-X pada tahun 1960, tetapi pada awalnya tidak diidentifikasi sebagai lubang hitam selama sekitar satu dekade.

Menurut NASA, sebuah objek bisa disebut lubang hitam apabila memiliki massa 10 kali lebih besar daripada Matahari.

Fakta 7: Lubang hitam terdekat berjarak sangat jauh
Beberapa tahun yang lalu, sebuah blunder datang dari hasil perhitungan lubang hitam V4641 Sagitarii yang dinyatakan hanya berjarak 1.600 tahun cahaya.

Ternyata setelah penelitian lebih lanjut, lubang hitam V4641 Sagitarii berada lebih jauh dari perhitungan awal. Melihat rotasi bintang pendamping serta faktor-faktor lainnya, menghasilkan perhitungan baru dari lubang hitam V4641 Sagitarii adalah berjarak sekitar 20.000 tahun cahaya dari Bumi.

1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer. Jika lubang hitam terdekat berjarak 20.000 tahun cahaya, itu artinya masih amat sangat luar biasa jauh dari Bumi.

Fakta 8: Lubang cacing benar-benar ada?
Sebuah fiksi ilmiah sering kali menampilkan yang terjadi jika seseorang jatuh ke dalam lubang hitam. Beberapa orang percaya bahwa setelah tersedot lubang hitam, kita akan masuk ke worm hole (lubang cacing).

Tapi, segala sesuatu mungkin terjadi karena kita masih harus banyak mencari tahu tentang fisika. Sampai sejauh ini pun belum ada teori lubang cacing yang dipercaya.

Fakta 9: Lubang hitam hanya menyedot Anda pada jarak tertentu
Seperti melihat singa dari luar kandang, Anda akan baik-baik saja selama tidak mendekati jeruji kandangnya terlalu dekat.

Begitu pun lubang hitam, Anda tidak jika hanya ingin mengamati lubang hitam asalkan jika Anda berada jauh dari event horizon (horison peristiwa).

Horison peristiwa merupakan zona titik tak bisa kembali, ketika Anda terlalu dekat dengan horison peristiwa. Anda tidak akan bisa melepaskan diri dari tarikan gravitasi besar dari lubang hitam.

Fakta 10: Kecoa kemungkinan selamat jika jatuh ke lubang hitam
Menariknya, jika manusia jatuh ke lubang hitam, kita akan menjadi "spagettified", yakni tubuh Anda akan memanjang tanpa robek seperti spagetti yang disebabkan oleh gaya gravitasi kuat.

Tetapi uniknya, jika kecoa yang jatuh ke lubang hitam, kemungkinan mereka akan bertahan lebih lama. Alasannya adalah kecoa lebih kecil sehingga perbedaan gaya dari bawah ke atas yang dia rasakan juga jauh lebih kecil. Selain itu, mereka memiliki kerangka yang relatif kuat.

Ditulis oleh Elizabeth Howell dari Universe Today
Alih bahasa oleh Lailani Karima
10 Fakta Menakjubkan dari Lubang Hitam 10 Fakta Menakjubkan dari Lubang Hitam Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/25/2015 01:00:00 PM Rating: 5

1 komentar

  1. kecoa bakal jadi generasi penerus setelah manusia punah,all hail kecoa!!!!

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.