Saran pencarian

Inilah Bintang Paling Menarik di Alam Semesta

Inilah Bintang Paling Menarik di Alam Semesta
Kredit: UNAWE, NASA, ESA
Info Astronomy - Pernahkah Anda bermain dengan magnet? Apakah Anda pernah mencoba menaruh magnet di meja dan meletakkan paku di dekatnya? Apa yang terjadi? Jika magnet didekatkan pada paku, maka paku itu akan meloncat dan melekat pada magnet.

Kok bisa ya? Ini karena magnet punya sesuatu yang tak terlihat di sekelilingnya, namanya ‘medan magnet’. Kehadiran medan magnetlah yang membuat magnet bisa menolak atau menarik benda lain, meskipun magnet tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda itu.

Magnet terkuat di alam semesta adalah magnetar. Ia merupakan bintang super-padat yang 50 kali lebih masif dari Matahari dan diciutkan atau dipadatkan jadi sebuah bola berukuran 20 km. Atau seukuran sebuah kota kecil.

Menurut para astronom, magnetar terbentuk saat bintang masif mati dalam ledakan supernova. Gas dari bintang akan terlontar ke angkasa dan menciptakan awan berwarna warni seperti foto Kes 73 di atas. Pada saat yang sama, inti bintang akan menciut dan membentuk magnetar.

Di inti awan kosmik terdapat magnetar yang sangat kecil. Tapi, meskipun bintang ini sangat kecil, energinya sangat besar. Magnetar bisa melepaskan pancaran sinar-X yang sangat kuat setiap beberapa detik! Nah, Anda juga bisa melihat pancaran sinar-X yang berwarna biru di foto.

Fakta menarik
Menurut para astronom, terdapat lebih dari 30 juga magnetar di Bima Sakti!

Disadur dari Press Rilis Chandra X-ray Observatory.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.