Asteroid Sebesar Dua Kali Kapal Pesiar Lintasi Bumi Malam Ini

Jalur lintasan asteroid 2004 BL86 pada 26-27 Januari 2015. Kredit: Sky & Telescope
Info Astronomy - Apakah Anda siap untuk menyaksikan asteroid yang bakal lintasi Bumi? Meskipun tidak berbahaya bagi Bumi, asteroid yang satu ini sangat besar. Diameternya setara dua kali kapal pesiar!

Asteroid yang diberi kode nama 2004 BL86 oleh para astronom, akan memintasi Bumi dengan aman pada malam hari tanggal 26-27 Januari 2015.

Asteroid ini diperkirakan memiliki diameter 600 meter. Pada titik pendekatan terdekatnya (26 Januari 2015 pukul 23:20 WIB), asteroid ini hanya akan berjarak 1,2 juta kilometer dari Bumi, atau sekitar tiga kali jarak Bumi-Bulan. Asteroid ini tidak bisa diamati dengan mata karena terlalu redup, Anda butuh teleskop.

Tidak punya teleskop? Ayo tonton lewat Live-Streaming!

Asteroid akan berada di rasi bintang Cancer pada titik terdekatnya. Anda bisa menggunakan peta jalur lintasan asteroid 2004 BL86 di atas untuk melakukan pelacakan.

Asteroid 2004 BL86 akan mencapai magnitude maksimal +9, yang berarti akan terlihat bagai bintang samar jika Anda melihatnaya melalui teleskop diameter 4 inci (10 cm) atau lebih besar. Magnitudo +9 sangat sukar untuk diamati dengan mata.

Asteroid berbeda dengan meteor atau komet, asteroid 2004 BL86 akan bergerak sangat lambat, tidak secepat meteor yang biasa melesat di langit malam.

Namun, asteroid bergerak lebih cepat dari pergerakan Bulan di depan bintang-bintang. Para astronom memperkirakan asteroid membutuhkan waktu 11 menit untuk bergerak setara dengan lebar Bulan Purnama di langit, atau bergerak hampir tiga derajat setiap jamnya.

Pada kenyataannya, asteroid 2004 BL86 bergerak super-cepat di ruang angkasa, kecepatannya sekitar 56.420 km/jam!

Pengamat di Amerika, Eropa dan Afrika mungkin memiliki pandangan yang terbaik. Setidaknya lebih baik dari para pengamat di Australia dan Asia. Indonesia sendiri bisa melihat asteoid ini saat tengah malam (27/1) di langit atas kepala.

Live-Streaming:
-Slooh Observatory - Menyajikan citra real-time. Dimulai pada 26 Januari 2015 pukul 23:00 WIB
-The Virtual Telescope Project - Menyajikan citra real-time. Dimulai pada 27 Januari 2015 pukul 2:30 WIB

1. Pada jam 23.10 tanpa teropong pun saya dpat melihat cahaya redup..klo di liat dri tmpt sya lebih kecil dr bulan tpi lebih besar dri cahaya bintang....

1. Oh ya? Boleh tau berapa deklinasi objek yang kamu lihat tersebut? Untuk memastikan saja apa yang kamu lihat. Karena menurut informasi terbaru dari Lembaga Antariksa AS (NASA), asteroid 2004 BL86 tidak terdeteksi dengan teleskop biasa. NASA bahkan hanya bisa merekamnya lewat radar.

Kalau dengan teleskop saja tidak bisa, apa lagi dengan mata telanjang.