Wajib Lihat! Inilah Peristiwa Astronomis Desember 2014

Ilustrasi. Kredit foto: Spelic Photography, Edited by Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Tak terasa kita sudah sampai di penghujung tahun 2014. Pada Desember tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu; ada peristiwa-peristiwa astronomis yang wajib kita amati.

Langsung saja, berikut ini jadwalnya:

6 Desember 2014: Bulan Purnama
Fase Bulan Purnama (Full Moon) pada Desember 2014 akan jatuh pada tanggal 6 pukul 14:51 WIB. Dengan demikian, kita bisa melihat Full Moon saat ia terbit sekitar pukul 18:00 waktu setempat daerah Anda.

Tidak ada kiat-kiat khusus untuk mengamati Full Moon, cukup dengan mata telanjang atau (jika ada) lewat teleskop untuk menikmati keindahannya. Pastikan langit cerah saat observasi.

7 Desember 2014: Konjungsi Superior Merkurius
Planet Merkurius, planet paling dekat Matahari di tata surya kita, akan berada di titik konjungsi superior pada tanggal ini.

Saat konjungsi superior, Planet Merkurius akan berada di 'seberang' Matahari. Kedudukannya di tata surya menjadi Planet Merkurius-Matahari-Bumi. Dengan begitu, Merkurius tidak akan terlihat di langit Bumi.

13-14 Desember 2014: Hujan Meteor Geminid
Inilah hujan meteor major (hujan meteor besar) pada Desember, hujan meteor Geminid. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau Anda harus menghadap rasi bintang Gemini untuk menikmati hujan meteor ini.

Dianggap oleh banyak orang sebagai hujan meteor terbaik di langit, Geminid dikenal dapat menghasilkan hingga 60 meteor warna-warni per jam!

Puncaknya terjadi sekitar tanggal 13-14 Desember. Bisa diamati di seluruh Indonesia asalkan langit sedang cerah. Diwajibkan observasi dengan mata telanjang mulai tengah malam hingga terbit fajar.

15 Desember 2014: Bulan Separuh Akhir (Last Quarter Moon)
Bulan akan nampak separuh pada pertengahan Desember tahun ini. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa pada pertengahan bulan justru fase Bulan adalah Bulan Separuh, bukan Purnama.

Ini dikarenakan tanggal 15 Desember adalah tanggalan masehi, sedangkan Bulan memiliki kalender lunar (Bulan) sendiri.

20 Desember 2014: Konjungsi Bulan dengan Saturnus
Inilah saat terbaik untuk memotret Bulan dan Saturnus dalam satu frame! Pada 20 Desember 2014, Bulan dan Saturnus akan bersebelahan jika diamati dari permukaan Bumi, atau dalam astronomi disebut konjungsi.

Keduanya hanya akan berjarak 1,6 derajat di langit Subuh. Anda bisa mengamatinya di seluruh Indonesia dengan mata telanjang di langit Timur.

22 Desember 2014: Titik Balik Matahari Musim Dingin (Winter Solstice)
Titik balik matahari musim dingin adalah keadaan di mana sinar Matahari secara bertahap bermigrasi ke Selatan.

Ketinggian Matahari di atas cakrawala di siang hari adalah 47 derajat lebih rendah ketimbang enam bulan sebelumnya. Fenomena ini juga menandakan Matahari tampil di siang hari di ketinggian terendah, di atas cakrawala.

Fenomena ini juga akan menunjukkan wilayah Bumi bagian Selatan mengalami siang yang lebih panjang. Sebab, Matahari akan terbenam lebih lambat. Sedangkan di belahan Bumi bagian Utara akan mengalami siang terpendek dan malam terpanjang.

23 Desember 2014: Hujan Meteor Ursid
Inilah hujan meteor terakhir setiap tahunnya. Hujan meteor ini mendapatkan namanya karena mereka terlihat berasal dari rasi bintang Ursa Minor, Beruang Kecil.

Hujan meteor ini juga kadang-kadang disebut "Umids," dalam upaya untuk memperjelas bahwa mereka terpancar dari Ursa Minor, bukan Ursa Major. Jumlahnya diperkirakan ada 10-15 meteor per jam dengan puncaknya sekitar 30 meteor per jam (ZHR).

Hujan meteor ini terbuat dari sisa debu yang dilepaskan oleh komet 8P/Tuttle, yang mengelilingi Matahari setiap 13,6 tahun dan terakhir terlihat pada awal 2008.

Hujan meteor Ursid dapat diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia mulai tengah malam hingga terbit fajar. Dan peristiwa ini adalah penutup peristiwa-peristiwa astronomis pada tahun 2014.

Selamat Tahun Baru!