Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Wahana Antariksa Kepler Temukan Planet Luar Surya Pertama di Misi Barunya

Wahana Antariksa Kepler Temukan Planet Luar Surya Pertama di Misi Barunya
Ilustrasi wahana antariksa Kepler di luar angkasa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Wahana antariksa pemburu planet milik NASA yang bernama Kepler berhasil melakukan penemuan planet luar surya pertama yang ditemukan dengan menggunakan misi baru --K2.

Penemuan itu dilakukan ketika para astronom dan ilmuwan merancang ulang tujuan Kepler untuk misi K2 dan melanjutkan pencarian planet luar surya lain di jagad raya.

Planet luar surya pertama dari temuan misi baru Kepler diberi kode nama HIP 116454b, memiliki diameter 2,5 kali lebih besar dari Bumi kita dan memiliki periode orbit selama 9 hari. HIP 116454b dan bintangnya terletak sejauh 180 tahun cahaya dari Bumi, arah konstelasi Pisces.

Kepler mendeteksi planet-planet dengan metode transit, yakni ketika sebuah bintang yang jauh dari Bumi cahayanya sedikit meredup, hal tersebut disebabkan adanya sebuah planet yang melintas di depannya.

Semakin kecil planet tersebut, semakin kecil peredupan sebuah bintang, sehingga pengukuran kecerahan harus benar-benar tepat.

Untuk mengaktifkan presisi itu, Kepler harus stabil. Tapi pada Mei 2013, pengumpulan data selama perpanjangan misi utama Kepler berakhir karena rusaknya dua dari empat roda reaksi, yang digunakan untuk menstabilkan Kepler.

NASA akhirnya merancang misi K2, yang menjanjikan Kepler tidak hanya melanjutkan perburuan planet, tetapi juga akan mempermudah mengamati dan memelajari gugus bintang, galaksi aktif dan supernova.

Misi K2 telah resmi dimulai pada Mei 2014, dan telah berhasil mengamati lebih dari 35.000 bintang dan mengumpulkan data dari gugus bintang, daerah padat pembentuk bintang, dan beberapa planet dalam tata surya kita.

Makalah penelitian penemuan ini telah dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.