Saran pencarian

Wah! Ada Supernova di Rasi Bintang Virgo

Wah! Ada Supernova di Rasi Bintang Virgo
Supernova bermagnitude 11,8 dipotret pada 24 Desember 2014. Kredit: Gregor Krannich
Info Astronomy - Sebuah ledakan bintang (supernova) ditemukan di galaksi spiral NGC 4666 awal bulan Desember 2014 ini.

Supernova ini merupakan supernova paling terang kedua tahun 2014 dengan magnitude 11,8. Anda bahkan dapat melihatnya dengan mudah lewat teleskop 10 inchi.

Dengan nama sementara ASASSN-14lp, ia merupakan supernova tipe Ia, ditemukan lewat "Assasin Project", singkatan dari Automated Sky Survey untuk supernova (ASAS-SN) pada tanggal 9 Desember.

Berjarak hanya 80 juta tahun cahaya dari Bumi, NGC 4666 adalah galaksi spiral yang relatif dekat dengan galaksi kita, Bima Sakti.

NGC 4666 disebut juga Superwind Galaxy, ia merupakan rumah bagi gelombang formasi bintang yang intens yang diduga disebabkan oleh interaksi gravitasi antara dirinya dan galaksi tetangganya, termasuk NGC 4668, terlihat di sudut kiri bawah pada foto di atas.

Letak Supernova ASSASSN-14lp. Kredit: Universe Today
Supernova ASSASSN-14lp berasal dari bintang katai putih yang meledak. Ketika bintang katai putih mencapai massa 1,4 kali dari Matahari, ia tidak lagi dapat menopang dirinya sendiri.

Bintang semacam ini tiba-tiba runtuh, memanaskan suhu yang luar biasa dan meledak dalam reaksi fusi. Bang! Jadilah sebuah supernova.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.