Titik Balik Matahari Jatuh pada 22 Desember 2014

Ilustrasi titik balik Matahari (solstis Desember). Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - 22 Desember 2014 pukul 6:00 WIB akan menandai awal dari musim dingin di belahan Bumi Utara, dan musim panas di belahan Bumi Selatan.

Ini adalah hari dalam setiap tahunnya di mana Matahari melalui rasi bintang zodiak yang membawanya ke titik paling utara di langit, yakni di konstelasi Capricornus pada deklinasi 23,5° Selatan.

Pada hari itu, Matahari berada di atas cakrawala belahan Bumi Utara akan sangat sebentar, dan sebaliknya untuk di belahan Bumi Selatan.

Fenomena ini disebut Solstis Desember atau titik balik matahari Desember. Matahari akan muncul di atas kepala pada siang hari di Indonesia pada lintang 23,5° Selatan.

Dengan terjadinya Solstis Desember, musim hujan di Indonesia juga akan 'secara resmi' dimulai.

Fakta menarik
Setelah Solstis Desember, Kutub Utara tidak akan melihat Matahari terbit selama enam bulan ke depan. Sebaliknya, di Kutub Selatan akan disinari Matahari terus-menerus selama enam bulan ke depan.
Titik Balik Matahari Jatuh pada 22 Desember 2014 Titik Balik Matahari Jatuh pada 22 Desember 2014 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/21/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.