Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Rayakan Natal Bersama Komet Lovejoy

Rayakan Natal Bersama Komet Lovejoy
Komet C/2014 Q2 (Lovejoy). Kredit: Rolando Ligustri
Info Astronomy - Sesuatu dengan 'janggut' putih panjang akan muncul di langit arah Utara pekan ini. Mungkinkah Santa Claus?

Bukan, ia adalah sebuah komet! Para pengamat langit akan mendapatkan hadiah Natal dari jagad raya berupa komet. Sayangnya, komet ini harus diamati lewat teleskop dengan diameter 10×50 cm.

Bernama resmi C/2014 Q2 (Lovejoy), komet ini  akan mencapai pada titik terdekatnya dengan Matahari kita pada jarak 1,29 SA (1 SA=150 juta km, SA adalah Satuan Astronomi) pada tanggal 30 Januari 2015 mendatang.

Dari Jakarta & Sekitarnya, komet Lovejoy sudah bisa diamati sejak pukul 19:00 WIB saat senja di tanggal 25 Desember 2014. Ia akan berada pada 33° di atas cakrawala Barat Laut rumah Anda di rasi bintang Triangulum.

Komet Lovejoy ini ditemukan oleh pemburu komet amatir asal Australia bernama Terry Lovejoy. Ia menemukan komet yang dinamai dari namanya tersebut pada tanggal 17 Agustus 2014 dengan CELESTRON C-8 dilengkapi dengan kamera CCD di rumahnya di Brisbane, Australia.

Komet Lovejoy membutuhkan waktu sekitar 13.394 tahun untuk sekali mengitari Matahari. Dengan kata lain, ia akan muncul lagi 13.394 tahun dari sekarang!

Komet ini memiliki orbit elips cenderung tajam terhadap bidang Tata Surya (80,3°).

Untuk membantu pelacakan Anda terhadap komet ini, silakan kunjungi The Sky Live pada tautan ini.

Selamat berburu komet!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.