Kenapa Luar Angkasa Berwarna Hitam?

Cincin Saturnus terlihat mencolok di hitamnya luar angkasa. Kredit: NASA/JPL/Space Science Institute
Info Astronomy - Anda mungkin bertanya-tanya, jika semua bintang bersinar, mengapa luar angkasa hitam?

Jawabannya adalah, bahwa di luar angkasa, sinar Matahari atau cahaya bintang lainnya tidak memiliki sesuatu atau instrumen untuk memantulkan cahaya di ruang hampa udara.

Kita melihat warna karena cahaya dipantulkan kembali ke mata kita. Biasanya jika sebuah objek dapat memantulkan kembali semua cahaya, yang kita lihat adalah warna putih.

Di Bumi fenomena ini adalah mengapa langit biru dan awan putih. Masing-masing memiliki warna yang unik karena bagaimana cahaya tersebar dan tercermin dari molekul di udara.

Hal ini tidak berlaku untuk luar angkasa. Karena luar angkasa adalah ruang vakum. Cahaya berjalan lurus sehingga jika tidak tercermin oleh benda-benda seperti planet dan satelit alami itu hanya "diserap" oleh luar angkasa.

Namun, dalam kasus ini, diserap artinya tidak tercermin ke mata kita.

Pada intinya, luar angkasa berwarna hitam karena sifat cahaya yang memancar tegak lurus. Luar angkasa menyerap cahaya tersebut sehingga tidak terpantul ke mata kita.