Malam Ini, Bulan Purnama Bakal Menghiasi Langit

Malam Ini, Bulan Purnama Bakal Menghiasi Langit
Bulan Purnama terbit difoto dari luar angkasa. Kredit: Christian Hadfield
Info Astronomy - Bulan akan mencapai fase Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 6 November 2014. Dalam tradisi Amerika, Bulan Purnama pada November ini dijuluki Hunter's Moon.

Seperti pada fase Bulan Purnama pada biasanya, Bulan akan terlihat lebih terang daripada fase-fase lainnya. Bulan juga akan terlihat sepanjang malam.

Fase Bulan Purnama akan terjadi tepat pukul 22:24 UTC pada tanggal 6 November 2014 atau sekitar pukul 5:24 WIB tanggal 7 November 2014.

Dengan begitu, malam ini (6/11) kita akan melihat Bulan yang hampir mencapai fase Bulan Purnama atau yang disebut Bulan Bungkuk Awal (Waxing Gibbous).

Keesokan harinya (7/11), kita baru akan melihat Bulan secara penuh atau biasa disebut Terang Bulan hingga Jum'at malam.

Untuk mengamati Bulan Purnama, kita tidak membutuhkan alat khusus. Namun, jika Anda ingin memotret Bulan Purnama, Anda membutuhkan kamera DSRL atau dengan bantuan teleskop.

Bulan Purnama sudah bisa diamati pada pukul 18:00 waktu setempat, saat itu Bulan berada di langit Timur. Ia akan bergerak semu ke langit Barat hingga pukul 6:00 waktu setempat keesokan harinya.

Selamat mengamati!
Malam Ini, Bulan Purnama Bakal Menghiasi Langit Malam Ini, Bulan Purnama Bakal Menghiasi Langit Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/06/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.