Hujan Meteor Taurid Selatan Mencapai Puncaknya 5-6 November

Hujan Meteor Taurid Selatan Mencapai Puncaknya 5-6 November
Hujan meteor Taurid Selatan di langit Houston, AS tahun 2013. Kredit: Rocy Raybell
Info Astronomy - Tahun 2014 ini, puncak hujan meteor Taurid Selatan akan mencapai puncaknya pada 5-6 November. Diperkirakan ada 5 hingga 10 meteor per jam (ZHR).

Sayangnya, pada tanggal tersebut ada Bulan yang berada dalam fase Bulan Purnama. Cahaya Bulan Purnama yang menerangi seisi langit akan menghalangi keterlihatan meteor pada hujan meteor Taurid Selatan.

Namun jangan khawatir, pada 10-11 November 2014 akan terjadi hujan meteor Taurid Utara dengan intensitas yang sama. Lantas apa bedanya?

Tidak ada. Keduanya sama saja. Dengan kata lain, Anda bisa melihat peristiwa hujan meteor sepanjang 5 hingga tanggal 11 November 2014.

Tinggal arahkan pandangan Anda (tanpa teleskop!) ke rasi bintang Taurus, Anda akan dengan mudah melihat meteor-meteor yang melesat di langit malam yang cerah. Tidak mendung, apa lagi hujan.

Jika Anda tidak mengetahui di mana letak rasi bintang Taurus, Anda bisa berbaring di atas kursi santai sambil mengamati langit atas kepala Anda. Meteor-meteor akan tetap terlihat.

Hujan meteor ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia. Waktu terbaik untuk mengamatinya adalah saat selepas tengah malam hingga fajar tiba.

Selamat mengamati!
Hujan Meteor Taurid Selatan Mencapai Puncaknya 5-6 November Hujan Meteor Taurid Selatan Mencapai Puncaknya 5-6 November Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/03/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.