Bulan dan Jupiter Bakal "Kencan" Sabtu (15/11) Dinihari, Ini Cara Melihatnya

Bulan dan Jupiter Bakal "Kencan" Sabtu (15/11) Dinihari, Ini Cara Melihatnya
Letak Bulan dan Jupiter pada Sabtu (15/11) dinihari. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Pemandangan menarik bakal tersaji pada Sabtu (15/11) dinihari hingga menjelang Matahari terbit.

Bulan dan planet terbesar di tata surya kita, Jupiter, bakal berkonjungsi --bahasa sederhananya, bersebelahan-- di langit Bumi.

Bulan berada dalam fase Separuh Akhir (Last Quarter) sedangkan Jupiter dalam fase full atau penuh. Tentu saja, untuk melihat Jupiter mesti menggunakan teleskop.

Jika diamati dengan mata saja, Planet Jupiter hanya akan nampak bagai titik kuning keputihan yang berada di sebelah Bulan seperti pada gambar di atas.

Untuk mengamati keduanya, dibutuhkan langit yang cerah, atau setidaknya tidak ada awan. Keduanya dapat diamati mulai pukul 1:00 dinihari waktu setempat daerah Anda.

Bisa diamati di seluruh Indonesia dengan atau tanpa alat bantu. Keduanya dapat diamati hingga menjelang Matahari terbit di hari yang sama.

Selamat mengamati!
Bulan dan Jupiter Bakal "Kencan" Sabtu (15/11) Dinihari, Ini Cara Melihatnya Bulan dan Jupiter Bakal "Kencan" Sabtu (15/11) Dinihari, Ini Cara Melihatnya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/14/2014 05:39:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.