Pencarian Kehidupan di Mars Diawali dari Bumi

Ini Mars? Bukan, melainkan gunung berapi Licancabur di Cile. Kredit: Nataliya Hora
Info Astronomy - Danau Frigid dibombardir oleh radiasi UV sehingga mendidih, mata air asam adalah sebagian dari lingkungan ekstrim di Bumi di mana para ilmuwan berencana untuk berburu petunjuk untuk kehidupan di Mars di sana.

Didanai oleh NASA, para peneliti akan tur dalam tiga generasi ke Mars dari Bumi --ketika Mars sudah mulai dingin, basah dan laik dihuni.

Lingkungan Mars saat ini mirip seperti sumber air panas di California dan Taman Nasional Yellowstone, permafrost di pulau-pulau Arktik dingin, beberapa batu tertua Bumi di Australia, dan danau vulkanik serta tanah di Cile.

"Kami memilih lingkungan ini karena kami ingin memahami tanda-tanda kehidupan di Mars pada waktu yang berbeda," kata Nathalie Cabrol, pemimpin proyek dan seorang ilmuwan riset senior di SETI Institute di Mountain View, California.

Tim SETI yang mepimpin akan ruang lingkup "biosignatures," atau bukti kehidupan, menggunakan instrumen yang sama dengan yang NASA rencanakan untuk disematkan pada rover Mars berikutnya pada tahun 2020.

Di Mars, petunjuk kehidupan bisa saja bersembunyi dalam batuan yang berumur lebih dari 3,5 miliar tahun. Jika lingkungan kuno planet Maes mirip dengan yang lingkungan kuno Bumi, maka robot penjelajah nantinya mungkin menemukan fosil tikar mikroba di Mars.
Pencarian Kehidupan di Mars Diawali dari Bumi Pencarian Kehidupan di Mars Diawali dari Bumi Reviewed by Info Astronomy on Oktober 19, 2014 Rating: 5