NASA Siap Observasi Komet Siding Spring di Planet Mars

Kredit: NASA
Info Astronomy - Kemarin (10/10), NASA mengumumkan persiapan untuk salah satu peristiwa astronomi paling diantisipasi tahun ini: jarak terdekat komet C/2013 A1 Siding Spring dengan planet Mars pada tanggal 19 Oktober 2014.

Komet Siding Spring hanya akan berjarak 132.000 kilometer dari Planet Mars saat jarak terdekatnya. Ekor komet Siding Spring membawa debu antariksa yang berpotensi menimbulkan hujan meteor di Planet Mars dan membahayakan wahana-wahana antariksa milik NASA di sana.

Seperti apa kenampakan Komet Siding Spring dari Planet Mars?
Kalau saja kita bisa membawa diri kita di sana, kita akan terpukau dengan kenampakannya. Diprediksi komet ini jika diamati dari Mars akan lewat di antara bintang-bintang dan terlihat di siang hari!

Panjang ekor komet Siding Spring menurut data terakhir adalah 19.300 kilometer. Dengan jarak terdekat yang sudah diketahui, kita akan melihat ekor komet sepanjang 8 derajat jika berada di Mars.
 

Mudah-mudahan, beberapa wahana antariksa milik NASA seperti robot Curiosity akan mampu menangkap gambarnya. NASA telah menyiapkan kamera utama Curiosity untuk memotretnya.

Apakah kita dapat melihat komet ini di Bumi saat malam? 

Sayangnya, kita di Bumi tidak akan dapat melihat komet ini dengan mata telanjang. Namun, berbahagialah Anda yang memiliki teleskop, Anda bisa melihat Mars yang dilewati sang komet.
NASA Siap Observasi Komet Siding Spring di Planet Mars NASA Siap Observasi Komet Siding Spring di Planet Mars Reviewed by Kontributor on 10/11/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.