Kapan Gerhana Matahari Kembali Terjadi di Langit Indonesia?

Inilah Jadwal Gerhana Matahari yang Bisa Disaksikan di Indonesia
Gerhana Matahari Total. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Peristiwa Gerhana Matahari Sebagian bakal terjadi di AS, Meksiko dan Kanada pada 23 Oktober 2014. Indonesia dan seluruh negara yang tidak disebutkan kecuali yang tiga di atas tidak kebagian gerhana.

Ada kesempatan besar bagi seluruh wilayah Indonesia untuk mengamati Gerhana Matahari. Yakni, pada 9 Maret 2016, seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total!

Pada saat itu, Indonesia menjadi negara terbaik dalam pengamatan Gerhana Matahari Total yang bakal berlangsung pada 9 Maret 2016 mendatang. Khususnya Pulau Sulawesi.

Wilayah Indonesia yang berpotensi melihat fenomena Gerhana Matahari Total tahun 2016 nanti adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah. Selain Indonesia, area yang bisa melihat gerhana Matahari total adalah pasifik.

Sementara itu, untuk wilayah Jawa bakal mengalami gerhana sebagian dengan persentase penutupan cakram Matahari saat puncak gerhana antara 80 hingga 90 persen.

Dengan demikian, saat puncak gerhana nanti, warga Jawa akan melihat Matahari seperti Bulan sabit tipis.

Semoga kita diberi umur panjang untuk menyaksikan momen Gerhana Matahari Total tahun 2016 ini.
Kapan Gerhana Matahari Kembali Terjadi di Langit Indonesia? Kapan Gerhana Matahari Kembali Terjadi di Langit Indonesia? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/25/2015 03:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.