Gunung Berapi di Bulan Pernah Erupsi di Zaman Dinosaurus

Maskelyne, kawah bekas erupsi gunung berapi di Bulan. Kredit: NASA
Info Astronomy - Kalau saja dinosaurus telah menemukan teleskop di zamannya, mereka mungkin telah melihat lava sesekali mengalir dari permukaan Bulan.

Para ilmuwan sebelumnya berpikir bahwa aktivitas gunung berapi di Bulan mereda satu miliar tahun yang lalu. Tapi data baru dari wahana antariksa Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA mengisyaratkan bahwa lava di Bulan mengalir kurang dari 100 juta tahun yang lalu.

"Temuan ini adalah jenis ilmu yang secara harfiah akan membuat ahli geologi menulis ulang buku tentang Bulan," kata John Keller, ilmuwan proyek LRO di NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, seperti dilansir Space.com (14/10).

Dari orbit Bulan, pada misi Apollo 15 --misi ke-9 pendaratan manusia di Bulan tahun 1971-- para awaknya mengambil gambar kawah aneh yang dikenal dengan nama Ina.

Penelitian menunjukkan bahwa Ina masih sangat muda dan mungkin telah terbentuk dalam ledakan lokal dari aktivitas gunung berapi, meskipun sebagian besar dari vulkanisme Bulan terjadi antara 3,5 miliar tahun yang lalu dan 1 miliar tahun yang lalu.

Tapi sekarang foto dari LRO --wahana antariksa pengorbit yang tiba di orbit Bulan pada tahun 2009-- menunjukkan bahwa Ina memiliki banyak bekas aliran. Para ilmuwan melihat 70 kawah serupa di dataran vulkanik gelap di sisi Bulan yang menghadap Bumi.

Kawah-kawah ini menunjukkan bahwa aktivitas gunung berapi di Bulan tidak begitu lama (setidaknya secara geologis).

Tiga dari kawah dianggap telah terbentuk sekitar 100 juta tahun yang lalu, dan Ina bahkan mungkin kurang dari 50 juta tahun, menurut penelitian ini.

Para peneliti mengatakan mereka menggunakan teknik pengukuran dari data misi Apollo dan robot misi Uni Soviet. Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Nature Geoscience pada 12 Oktober 2014.
Gunung Berapi di Bulan Pernah Erupsi di Zaman Dinosaurus Gunung Berapi di Bulan Pernah Erupsi di Zaman Dinosaurus Reviewed by Kontributor on 10/15/2014 06:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.