Akhir Pekan Ini, Ayo Amati Planet Mars dan Komet Siding Spring yang Berdekatan

Komet Siding Spring hanya berjarak 36% dari Jarak Bumi-Bulan dari Planet Mars
Akhir Pekan Ini, Ayo Amati Planet Mars dan Komet Siding Spring yang Berdekatan
Letak Mars dan komet Siding Spring. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Sebuah komet bakal berada pada jarak super dekat dengan planet tetangga kita, Planet Mars pada 19 Oktober 2014. Bagi yang punya teleskop, ayo ngamat!

Komet yang dimaksud adalah komet Siding Spring, ditemukan pada 3 Januari 2013 oleh astronom Skotlandia-Australia Robert H. McNaught, seorang pengamat komet dan asteroid yang sangat produktif.

McNaught telah menemukan 82 komet. McNaught adalah peserta di Siding Spring Survey, sebuah program yang memburu asteroid yang berpotensi mendekati Bumi.

McNaught menemukan komet Siding Spring menggunakan teleskop Uppsala Schmidt 0,5 meter di Siding Spring Observatory, New South Wales, Australia.

Karena
komet ditemukan dari survei observatorium untuk menemukan asteroid, dengan begitu sang komet menyandang nama observatorium, Siding Spring. Secara resmi dikatalogkan sebagai C/2013 A1.

Ketika ditemukan, Komet Siding Spring berjarak sekitar 1,07 miliar kilometer dari Matahari. Sesaat setelah itu, para astronom mengidentifikasi komet dalam foto yang diambil pada 8 Desember 2012 (sebelum penemuan resmi) oleh Catalina Sky Survey di Arizona.

Berdasarkan karakteristik orbitnya, komet ini tampaknya komet yang baru terbentuk atau komet bepergian dalam orbit parabola dan membuat kunjungan pertama ke Matahari kita.

Sekadar info, komet ini akan melintas dalam jarak paling dekat dengan Matahari (disebut perihelion) pada 25 Oktober pada jarak 209 juta kilometer.

Tapi titik menarik dari kunjungan Komet Siding Spring adalah pada hari Minggu (19/10), ketika komet ini bakal berada sangat dekat dari permukaan Planet Merah.

Menurut perhitungan para astronom, titik terdekat komet Siding Spring dengan Planet Mars adalah pukul 18:28 GMT atau pada pukul 1:28 WIB pada 20 Oktober 2014.

Komet akan meluncur pada kecepatan sekitar 202.777 kilometer/jam. Pertemuan angkasa ini akan memberikan kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi para ilmuwan untuk mengumpulkan data dari komet dan pengaruhnya terhadap atmosfer Mars.

Perhitungan terbaru menunjukkan bahwa pada pendekatan terdekat, komet Siding Spring hanya akan berjarak 138.700 kilometer dari permukaan Planet Mars, atau hanya 36% dari jarak rata-rata Bumi ke Bulan.

Teleskop diperlukan untuk melihat komet dari Bumi
Anda memiliki kesempatan untuk melihat komet Siding Spring! Komet ini akan mencapai magnitudo -6, atau sekitar tiga kali lebih terang dari kenampakan Planet Venus.

Namun, karena komet berjarak sekitar 243 juta kilometer dari Bumi, maka kita tidak akan melihatnya dalam "bentuk komet" yang memiliki ekor. Pengamat mata akan sangat kesulitan mengamati sang komet, namun tetap bisa melihat Planet Mars.

Anda membutuhkan teleskop untuk mengamati komet Siding Spring. Dalam pandangan teleskop, komet akan nampak bagai bintang dengan sedikit ekor dan tidak akan bergerak kemana-mana melainkan berada di sebelah Planet Mars.
Kami sangat menyarankan
Anda menggunakan teleskop minimal memiliki aperture 8 inchi. Coba gunakan perbesaran mulai dari antara 200 hingga 400 kali untuk 'mempersempit' tampilan Anda.

Di mana letaknya?
Di saat seperti ini, peta langit sangat berguna untuk digunakan. Silakan unduh peta langit untuk gadget atau komputer Anda pada tautan ini.

Planet Mars akan bertengger sekitar 45 derajat di atas cakrawala langit Barat Daya sekitar 45 menit setelah Matahari terbenam di langit Indonesia.

Pada saat itu, komet Siding Spring hanya akan berada sekitar 1 derajat di sebelah kiri atas Planet Mars saat Anda mengamati lewat teleskop.