Wahana Antariksa MAVEN Milik NASA Berhasil Sampai di Mars

Ilustrasi MAVEN saat berada di orbit Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Mars telah kedatangan pengunjung sebuah robot baru dari Bumi. Beberapa saat yang lalu, wahana antariksa MAVEN milik Lembaga Antariksa AS (NASA) sampai di orbit Mars.

Setelah perjalanan 10 bulan dari Bumi ke Mars, MAVEN (Mars Atmosphere and Volatile Evolution), berhasil mencapai atmosfer Mars pukul 9:24 WIB pada Senin, 22 September 2014.

Misi MAVEN yang menghabiskan anggaran AS sebesar US$ 671 juta ini meluncur ketika pemerintahan AS shutdown pada 1 Oktober 2013 silam.

MAVEN adalah wahana antariksa NASA pertama yang didedikasikan untuk mempelajari atmosfer atas planet Mars.

Misi ini akan menggunakan tiga instrumen ilmiah yang disematkan di badan MAVEN untuk mengukur dan mengkarakterisasi atmosfer Mars yang dulunya relatif tebal tapi sekarang hampir hilang.

MAVEN juga akan membantu para ilmuwan dan astronom mengetahui ke mana air di Mars pergi. Apakah menyerap ke permukaan atau menguap karena panasnya suhu Mars.

Selain itu, MAVEN juga akan memastikan apakah Mars bisa dihuni manusia atau tidak. Sebab, NASA berencana mendaratkan manusia pada 2030 mendatang.

Selamat bertugas, MAVEN!