Stasiun Luar Angkasa Bakal Kedatangan Kosmonot Wanita Rusia Pertama

Stasiun Luar Angkasa Bakal Kedatangan Kosmonot Wanita Rusia Pertama
Elena Serova, wanita keempat yang meluncur ke luar angkasa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Seorang kosmonot --sebutan astronot yang berasal dari Rusia-- wanita Rusia siap untuk mengukir sejarah baru sepanjang misi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) bulan ini.

Dialah kosmonot Elena Serova, siap diluncurkan ke ISS pada 25 September 2014 mendatang bersama dengan dua rekan lain.

Serova akan menjadi kosmonot Rusia pertama yang menjalani misi enam bulan Stasiun Luar Angkasa Internasional yang berada di orbit Bumi.

"Saya tidak akan melakukan hal spesial di luar angkasa walaupun saya kosmonot wanita pertama," katanya dalam sambutannya dalam sebuah jumpa pra-peluncuran di NASA Johnson Space Center di Houston pada bulan Juli.

Serova menambahkan, bahwa Valentina Tereshkova --wanita Rusia pertama yang meluncur ke luar angkasa-- yang lebih spesial darinya. Sayangnya, Tereskhova tidak menjalani misi di ISS.

"Saya lebih memilih untuk melakukan yang terbaik bagi misi ekspedisi 41/42 di ISS selama enam bulan ke depan." tutupnya.

Elena Serova saat menjalani latihan sebagai kosmonot. Kredit: NASA/Rocosmos
Pada tahun 1963 silam, Rusia (saat itu masih Uni Soviet) adalah negara pertama yang meluncurkan seorang wanita ke luar angkasa, mereka meluncurkan Valentina Tereshkova selama 3 hari di orbit Bumi.

Svetlana Savitskaya adalah kosmonot perempuan Soviet kedua, ia menjalani dua penerbangan ke luar angkasa pada tahun 1982 dan 1984 dan tinggal kapsul Salyut 7 di luar angkasa.

Amerika Serikat tidak mengirim wanita pertama ke ruang angkasa sampai tahun 1983, ketika Sally Ride meluncur.

Serova mengatakan dia telah terpesona dengan keindahan alam semesta sejak keci. Serova kecil bercita-cita sebagai seorang kosmonot yang membanggakan negaranya, kini mimpi itu terwujud.

Good luck, Serova!
Stasiun Luar Angkasa Bakal Kedatangan Kosmonot Wanita Rusia Pertama Stasiun Luar Angkasa Bakal Kedatangan Kosmonot Wanita Rusia Pertama Reviewed by Kontributor on 9/10/2014 02:28:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.