Senja Ini, Planet Merkurius dan Bintang Spica Siap Berkencan

Letak Merkurius dan Spica, sekitar 15 derajat dari cakrawala Barat. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Meskipun Planet Merkurius merupakan salah satu objek paling terang di langit Bumi, sangat sedikit pengamat yang pernah melihat planet di langit malam.

Mengapa demikian? Ini disebabkan kedudukan Merkurius di langit tidak pernah jauh dari Matahari, dan biasanya Merkurius kalah dengan silau cahaya Matahari.

Hari Minggu (21/9) ini merupakan salah satu saat terbaik untuk melihat Merkurius. Di Indonesia, Anda bisa melihat Merkurius 15 derajat dari cakrawala Barat pada pukul 18:20 waktu setempat rumah Anda.

Merkurius tidak sendiri, ia ditemani bintang Spica. Spica merupakan bintang paling terang di rasi bintang Virgo dan juga bintang paling terang ke-15 di langit malam.

Bagaimana cara menemukan mereka? Mudah saja. Keduanya akan nampak bagai titik putih yang berdekatan persis seperti pada gambar di atas.

Waktu terbaik untuk melihat Merkurius dan Spica adalah sekitar setengah jam setelah matahari terbenam di langit daerah Anda.

Keduanya dapat diamati dengan mata telanjang maupun lewat teleskop. Jika Anda punya teropong, jangan lupa untuk menggunakannya juga.

Senja Ini, Planet Merkurius dan Bintang Spica Siap Berkencan Senja Ini, Planet Merkurius dan Bintang Spica Siap Berkencan Reviewed by Info Astronomy on September 21, 2014 Rating: 5