Senja Ini, Bulan akan Dekati Planet Merkurius

Pengamatan bisa dilakukan lewat mata telanjang!
Letak Bulan dan Merkurius Jum'at (26/9) senja. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Pemandangan cantik akan menghiasi langit Barat pada Jum'at, 26 September 2014 saat senja hari.

Bulan yang dalam fase Bulan Baru (New Moon) yang menandai tanggal 1 Dzulhijjah 1435 H ini bakal bersebelahan dengan Planet Merkurius --planet terdekat Matahari di tata surya.

Tidak ketinggalan, bintang Spica --bintang paling terang di rasi bintang Virgo-- juga akan ikut hadir. Mereka bertiga akan membentuk formasi segitiga di langit Barat.

Ketiganya dapat diamati lewat mata telanjang alias tanpa bantuan teleskop. Anda bisa mulai mengamatinya pukul 18:30 waktu setempat daerah Anda.

Jangan berharap Anda akan melihat Planet Merkurius yang bulat besar di langit, ia hanya akan nampak bagai bintang putih terang yang cahayanya tidak berkelap-kelip.

Sementara itu, Bulan akan nampak sabit tipis berwarna oranye karena berada 10 derajat dari horison Barat.

Tidak akan ada dampak apapun dari fenomena yang disebut konjungsi dalam astronomi ini. Yang ada hanyalah Anda akan dibuat kagum dengan 'kreasi' Sang Pencipta.