Robot Penjelajah Curiosity Temukan 'Bola' di Planet Mars

Sebuah objek mirip bola kaki yang dipotret Curiosity. Kredit: NASA
Info Astronomy - Robot penjelajah Curiosity milik Lembaga Antariksa AS (NASA) kembali menemukan objek unik di permukaan Mars.

Robot enam roda dan berbobot satu ton ini menemukan sebuah batu berbentuk bola di perjalanannya saat meneliti planet merah.

Menurut NASA, bola tersebut memang merupakan batu biasa. Ukuran bola ini hampir seukuran bola yang digunakan untuk sepak takraw.

Curiosity memotret batu berbentuk bola ini pada Sol 746 atau 11 September 2014 yang lalu. Jet Propulsion Laboratory NASA baru merilisnya hari ini.

Curiosity berhasil mendarat di Planet Mars pada 6 Agustus 2012 silam. Misinya di sana adalah melakukan penelitian apakah Mars pernah ada kehidupan atau tidak.

Ia akan tetap menjalani misinya hingga bahan bakar nuklirnya habis. Setelah habis nanti, ia akan dibiarkan di permukaan Mars.

NASA berencana untuk kembali mendaratkan robot sejenis pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut untuk memastikan keamanan Mars bagi manusia.