Perkenalkan Laniakea, Gugus Super Rumah Kita

Perkenalkan Laniakea, Gugus Bintang Super Rumah Kita
Gugus super Laniakea. Kredit: CEA/Saclay France
Info Astronomy - Apakah Anda hafal alamat rumah Anda dalam skala kosmik? Sebagai contoh, alamat Info Astronomy adalah Jakarta, Indonesia, Bumi, Bima Sakti, Gugus Galaksi Virgo.

Namun sepertinya alamat kosmik kita bakal jauh melampaui Gugus Galaksi Virgo (bisa juga disebut Gugus Lokal), ini karena para astronom dunia telah menemukan adanya Gugus Super Laniakea.

Nama Laniakea diambil dari nama Hawaiin, istilah "lani" artinya langit dan "akea" yang berarti luas atau beragam.

Dan nama benar-benar bermakna. Luas Gugus Super Laniakea lebih dari 500 juta tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer, silakan dibayangkan) dan berisi 100.000 galaksi besar termasuk Bima Sakti dengan total massa 100 kuadriliun Matahari!

Gugus super --rumah bagi kelompok atau beberapa galaksi-- merupakan struktur terbesar di alam semesta. Meskipun struktur ini saling berhubungan dalam filamen, batas-batasnya sulit untuk didefinisikan.

Gambar di atas merupakan Gugus Super Laniakea. Warna-warna pada gambar menunjukan densitas atau kerapatan. Warna merah menunjukan kerapatan yang tinggi, sedangkan warna biru sebaliknya.

Titik-titik berwarna putih pada gambar adalah galaksi-galaksi yang terdapat di Gugus Super Laniakea. Galaksi Bima Sakti ditandai dengan titik biru dan titik merah adalah Andromeda. Keduanya berada di dalam lingkaran kuning sebelah kanan.