Meteorit Kecil Menumbuk Bumi Semalam di Nikaragua

Meteorit Kecil Menumbuk Bumi Semalam di Nikaragua
Kawah yang terbentuk dari tumbukan meteorit kecil pada 7/9 di Republik Nikaragua. Kredit: Kantor Berita Nikaragua
Info Astronomy - Warga Republik Nikaragua, sebuah negara di benua Amerika dekat Honduras, tergegerkan dengan suara dentuman besar pada malam (7/8) waktu setempat.

Juru bicara Pemerintah Nikaragua, Rosario Murillo mengatakan bahwa suara ledakan yang timbul tersebut berasal dari meteorit kecil yang menumbuk Bumi.

Murillo mengatakan Nikaragua akan meminta ahli internasional untuk membantu para ilmuwan lokal dalam memahami apa yang terjadi sebenarnya.

Kawah terbentuk di dekat Bandara Managua, Nikaragua memiliki radius 12 meter dan kedalaman 5 meter, kata Humberto Saballos, seorang ahli vulkanologis lokal di sana. Ia tidak mengetahui apakah masih ada sisa meteorit atau tidak.

Humberto Garcia, dari Astronomy Center di Universitas Otonomi Nasional Nikaragua, mengatakan meteorit mungkin saja berasal dari sebuah asteroid 2014 RC yang melintas dekat Bumi pada Minggu (7/8) malam.

"Kita masih terus mempelajari ada apa atau apa sebenarnya yang terjadi di sini. Kemungkinan kecil sekali jika meteorit ini berasal dari asteroid 2014 RC." kata Garcia.

Wilfried Strauch, penasihat Institut Studi Teritorial Nikaragua mengatakan, "Ini aneh. Tidak ada yang melapor melihat cahaya atau semacamnya sebelum ada ledakan. Kita masih menunggu laporan seperti foto."

Penduduk setempat melaporkan mendengar ledakan keras pada Minggu malam, tapi mengatakan mereka tidak melihat sesuatu yang aneh di langit.
Meteorit Kecil Menumbuk Bumi Semalam di Nikaragua Meteorit Kecil Menumbuk Bumi Semalam di Nikaragua Reviewed by Kontributor on 9/08/2014 03:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.