Saran pencarian

Meteor Melesat Menghiasi Langit Penuh Aurora di Rusia

Meteor Melesat Menghiasi Langit Penuh Aurora di Rusia
Meteor Melesat Menghiasi Langit Penuh Aurora di Rusia
Meteor & Aurora di Rusia. Kredit: Igor Matveev
Info Astronomy - Astrofotografer Igor Matveev asal Rusia pada malam 19 September 2014 berhasil memotret meteor yang melesat dengan aurora di langitnya.

Foto tersebut ia ambil dari Monchegorsk, Rusia dengan menggunakan kamera Canon EOS 6D pukul 21:00 waktu setempat.

Meteor pada foto yang Matveev ambil dapat dipastikan merupakan meteor sporadis. Yakni, meteor-meteor 'iseng' yang memang selalu melesat tiap malam. Ada sekitar 1-3 meteor yang melesat tiap malam, lho!

Sedangkan aurora yang berhasil diabadikan Matveev merupakan aurora borealis --aurora yang muncul di wilayah sekitaran kutub Utara Bumi.

Aurora terjadi disebabkan adanya gesekan atmosfer Bumi dengan partikel bermuatan dari angin Matahari yang dibelokan oleh magnetosfer Bumi.

Aurora hanya dapat diamati di wilayah sekitar kedua kutub Bumi, kutub Utara maupun Selatan. Indonesia yang berada di ekuator atau khatulistiwa tidak akan bisa melihat indahnya aurora di langit malam, secara ilmiah.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.