Mars-Saturnus-Zubenelgenubi Membentuk Formasi Segitiga Malam Ini

Mars-Saturnus-Zubenelgenubi Membentuk Formasi Segitiga Malam Ini
Segitiga Mars (kiri), Saturnus (kanan) dan bintang Zubenelgenubi (bawah). Kredit: Tom Herradine
Info Astronomy - Pemandangan unik nan spesial akan siap menghiasi langit senja Anda dalam beberapa hari ke depan.

Planet Mars, planet Saturnus dan bintang Zubenelgenubi akan membentuk formasi segitiga di langit pada senja hingga malam tanggal 6 September hingga 10 September 2014. Setelah itu, Mars akan bergerak menjauh.

Pemandangan langit ini bisa diamati dengan mata di langit Barat di seluruh Indonesia. Namun, jika Anda memiliki teleskop, tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

Mengulas sedikit tentang bintang Zubenelgenubi, Nama Zubenelgenubi sejatinya berasal dari Bahasa Arab yaitu لزبن الجنوبي (al-zuban al-janūbiyy) yang berarti "Cakar Selatan."

Zubenelgenubi merupakan bintang paling terang di rasi bintang Libra dengan jarak sejauh 77 tahun cahaya dari Matahari kita.

Sekilas jika kita lihat di langit menggunakan teleskop atau dalam foto ini, bintang Zubenelgenubi tampak berdampingan dengan bintang terang kecil.

Siapakah bintang terang kecil itu? Bintang terang kecil itu tak lain adalah bintang yang mengelilingi bintang Zubenelgenubi karena sejatinya bintang Zubenelgenubi memiliki sistem bintang ganda.

Selamat mengamati!
Mars-Saturnus-Zubenelgenubi Membentuk Formasi Segitiga Malam Ini Mars-Saturnus-Zubenelgenubi Membentuk Formasi Segitiga Malam Ini Reviewed by Kontributor on 9/06/2014 03:51:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.