Indonesia Bakal Menikmati Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014

Indonesia Bakal Menikmati Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014
Gerhana Bulan Total. Kredit: NASA
Info Astronomy - Fenomena langka ketika Bulan masuk ke umbra Bumi bakal menghiasi langit Indonesia di awal Oktober tahun 2014 ini.

Fenomena yang lumrah disebut Gerhana Bulan ini akan terjadi pada 8 Oktober 2014 mendatang. Kabar baiknya, ini adalah Gerhana Bulan Total (GBT) dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia!

GBT terjadi ketika Matahari-Bumi-Bulan berada dalam satu garis lurus di tata surya kita. Dengan otomatis, GBT hanya akan terjadi ketika Bulan Purnama saja.

Bulan Purnama yang akan digerhanai Bumi ini bukannya gelap, justru berubah warna menjadi merah darah seperti pada foto di atas. GBT terjadi ketika Bulan berada di umbra Bumi.

Indonesia Bakal Menikmati Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014
Infografik GBT 8 Oktober 2014. Dokumen Info Astronomy
Untuk Anda yang berada di luar zona Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) berikut ini waktu untuk Anda:

Gerhana Bulan Sebagian: 17:15 WITA, 18:15 WIT
Gerhana Bulan Total dimulai: 18:25 WITA, 19:25 WIT
Puncak Gerhana: 18:55 WITA, 19:55 WIT
Gerhana Bulan Total berakhir: 19:24 WITA, 20:24 WIT
Gerhana Bulan Sebagian berakhir: 20:34 WITA, 21:34 WIT

Dengan mengacu pada waktu-waktu di atas, GBT ini terjadi pada saat Bulan baru saja terbit di langit. Anda bisa melihat GBT dengan menghadap arah Timur.

Selain Indonesia, ada beberapa wilayah seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudra Pasifik, Selandia Baru, Australia serta seluruh negara di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Apakah Ada Dampak Negatif?
Kebiasaan banyak orang Indonesia adalah, bertanya apakah ada dampak negatif dari suatu peristiwa langit. Kami tegaskan, GBT tidak akan menyebabkan dampak negatif apapun.

GBT ini justru akan membuat siapa saja yang menyaksikannya terpukau, terkejut bahkan dapat membuat seseorang berpikir keagungan Sang Pencipta.

Mari amati GBT ini bersama-sama. Follow akun Twitter kami untuk mendapatkan real-update saat GBT terjadi pada 8 Oktober 2014 nanti.

Selamat mengamati!
Indonesia Bakal Menikmati Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014 Indonesia Bakal Menikmati Gerhana Bulan Total 8 Oktober 2014 Reviewed by Kontributor on 9/24/2014 02:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.