EKSKLUSIF: Ketika Badai Aurora Mempercantik Bumi

EKSKLUSIF: Ketika Badai Aurora Mempercantik Bumi
Badai Aurora, 12 September 2014 di Finlandia. Kredit: J. N. Hall
Info Astronomy - Kemunculan aurora secara besar-besaran terjadi pada malam 12-13 September 2014 di kutub Utara maupun kutub Selatan Bumi.

Aurora yang muncul besar-besaran ini dipicu dari sebagian arus partikel proton dan elektron dari badai Matahari 11 September 2014 yang sampai di Bumi sejak Jum'at (12/9) malam.

Aurora ini terjadi saat partikel proton dan elektron dari Matahari yang menuju Bumi dibelokkan oleh lapisan magnetosfer ke kedua kutub Bumi.

Setelah dibelokkan, partikel tersebut membentur atom-atom yang berada di lapisan atmosfer Bumi sehingga muncul lah warna-warna cantik yang disebut aurora.

Karena yang berperan adalah magnetosfer, maka aurora hanya terjadi di wilayah yang dekat dengan medan magnet Bumi (kutub Utara/kutub Selatan). Dengan begitu, aurora tidak akan pernah muncul di Indonesia.

Badai Aurora ini, menurut laporan NASA, muncul hingga wilayah pertengahan Amerika Serikat (yang biasanya tidak pernah). Berikut foto-foto badai aurora terbaik yang Info Astronomy kumpulkan:

Aurora di Swedia, 12 September 2014. Kredit: Mika Wist
Aurora di Inggris, 13 September 2014. Kredit: Jeremy Gilchrist
Aurora di Kanada, 12 September 2014. Kredit: Jon Dickson
Aurora di Chicago, AS, 12 September 2014. Kredit: John Stetson
EKSKLUSIF: Ketika Badai Aurora Mempercantik Bumi EKSKLUSIF: Ketika Badai Aurora Mempercantik Bumi Reviewed by Kontributor on 9/13/2014 11:47:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.