Amati Merkurius, Mars dan Saturnus Senja Ini Yuk!

Amati Merkurius, Mars dan Saturnus Senja Ini Yuk!
Letak Merkurius, Mars dan Saturnus pada senja tanggal 18 September 2014. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Jika Anda sudah lama tidak observasi langit malam, mungkin mulai senja ini menjadi saat yang bagus untuk kembali observasi.

Sebab, planet Merkurius, Mars dan Saturnus akan menghiasi langit barat rumah Anda mulai pukul 18:30 waktu setempat.

Kabar bagusnya, ketiga planet ini bisa diamati dengan mata telanjang saja. Namun, jika Anda memiliki teleskop atau binokuler, silakan pakai untuk melihat planet-planet ini lebih dekat.

Planet Merkurius akan berada di ketinggian 13 derajat dari horison Barat, ia akan terlihat bagai bintang putih tanpa berkelap-kelip di rasi bintang Virgo.

Si Planet Merah alias Mars sendiri akan berada di ketinggian 40 derajat dari horison Barat, cukup tinggi dan ia mudah dikenali karena nampak bagai bintang merah yang tak berkelap-kelip. Ia berada di rasi bintang Scorpius.

Sedangkan Saturnus, planet cincin ini akan berada di ketinggian 31 derajat dari horison Barat. Kenampakannya jika diamati tanpa alat bantu hanyalah bagai bintang kuning keemasan tak bekelap-kelip.

Saturnus bertengger di rasi bintang Libra. Jika Anda mengamati lewat teleskop, Anda akan melihat cincin megah milik Saturnus ini.

Nah, sudah siap untuk observasi malam ini? Pastikan langit cerah, terutama langit Barat saat pengamatan. Selamat mengamati!
Amati Merkurius, Mars dan Saturnus Senja Ini Yuk! Amati Merkurius, Mars dan Saturnus Senja Ini Yuk! Reviewed by Kontributor on 9/18/2014 03:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.